Efektivitas model pembelajaran problem posing menggunakan modul etnomatematika untuk meningkatkan berfikir kritis dan etika siswa di MTS Hasan Kafrawi Jepara

Arif, M Asroful (2019) Efektivitas model pembelajaran problem posing menggunakan modul etnomatematika untuk meningkatkan berfikir kritis dan etika siswa di MTS Hasan Kafrawi Jepara. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (123511008_Skripsi)
Skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

pembelajaran problem posing menggunkan modul etnomatematika efektif terhadap berfikir kritis dan etika siswa pada materi bangun datar kelas VIII di MTs Hasan Kafrawi Jepara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitaif eksperimen. Desain yang digunakan adalah Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Uji hipotesis yang digunakan menggunakan uji t tes dari data nilai berfikir kritis dan nilai etika yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan uji t tes diperoleh a) rata-rata berfikir kritis sebesar 68, 387 dan standar devisiasi 15, 375 untuk kelas eksperimen dan rata-rata berfikir kritis kelas kontrol sebesar 50, 452 dan standar devisiansi 13, 183. Berdasarkan nilai berfikir kritis diperoleh t(0,05)(60)= 2, 047 dan thitung = 1, 36, sedangkan rata-rata etika siswa 77, 42 dan standar devisiansi 5, 835 Sedangkan untuk kelas yang menggunakan model konvensional diperoleh rata-rata 70, 48 dan standar devisiensi 2, 8386, Karena thitung berada pada daerah penolakan H_0 maka H_1 diterima, dan berfikir kritis kelas eksperimen lebih dari KKM yaitu 68 berarti kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih baik dari kelas kontrol. b) karena rata-rata etika siswa 77, 42 dan standar devisiansi 5, 835 Sedangkan untuk kelas yang menggunakan model konvensional diperoleh rata-rata 70, 48 dan standar devisiensi 2, 8386, Berarti etika siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Model pembelajaran problem posing menggunakan modul etnomatematika efektif untuk meningkatkan berfikir kritis siswa dan etika siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorSaminanto, SaminantoNIDN2004067202
Thesis advisorNadhifah, NadhifahNIDN2027087503
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Problem posing; Enomatematika; Berfikir kritis; Etika siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 07:52
Last Modified: 30 Dec 2019 07:52
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10392

Actions (login required)

View Item View Item