Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran pendekatan saintifik dengan analogi sains dalam pembelajaran biologi materi substansi genetik di kelas XII

Perkasa, Ardian Teguh (2019) Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran pendekatan saintifik dengan analogi sains dalam pembelajaran biologi materi substansi genetik di kelas XII. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (1503086069_Skripsi)
Skripsi FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan berpikir tingkat tinggi dalam proses pembelajaran bertujuan untuk menciptakan generasi muda Indonesia yang mampu berpikir kritis, kreatif, produktif, dan inovatif. Dua tahun implementasi kurikulum 2013 belum berdampak terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hal tersebut tidak terlepas dari rilis nilai PISA (Programe for international student assesment) yang menempatkan Indonesia pada peringkat 62 negara-negara OECD (Organisation for economic cooperation and development). Upaya pemecahan masalah tersebut, diperlukan pengembangan bahan ajar yang dapat membiasakan peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi dalam kegiatan pembelajaran. Pengembangan bahan ajar dalam penelitian ini adalah pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang terintegrasi dengan metode analogi FAR. Produk yang dihasilkan pada penelitian ini diharapkan dapat dijadikan guru sebagai pedoman proses pembelajaran menggunakan analogi dan mampu menjawab permasalahan rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang terintegrasi dengan metode analogi dan mengetahui kelayakan produk tersebut. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model R2D2 (recrusive, reflective, design and development) Willis (1995, 2000, 2009). Karakteristik rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dikembangkan tampak pada sintaks/langkah pembelajaran model cooperative learning yang terintegrasi dengan metode analogi FAR (focus, action, reflection). Metode FAR memiliki 3 tahapan utama yaitu; 1). Tahap focus, tahap pengenalan materi dan analogi; 2). Tahap action, tahap pembuatan analogi oleh peserta didik dan; 3). Tahap reflection, tahap konfirmasi analogi buatan peserta didik. Berdasarkan analisis kelayakan, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dikembangkan berada pada kategori layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penilaian ahli perencanaan didapatkan hasil persentase 92,4% (sangat layak), ahli materi 84% (sangat layak), praktisi 94,7% (sangat layak) dan uji respon peserta didik 78% (layak). Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pendekatan saintifik dengan analogi sains yang dikembangkan telah memenuhi kategori layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorListyono, ListyonoNIDN2016106901
Thesis advisorSetyawati, Siti MukhlishohNIDN2017117601
Uncontrolled Keywords: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); Pembelajaran biologi; Genetika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 31 Dec 2019 00:46
Last Modified: 31 Dec 2019 00:46
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10412

Actions (login required)

View Item View Item