Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak tunadaksa kelas VII di Yayasan Pembinaan Anak Cacat Semarang

Faridah, Ida (2019) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak tunadaksa kelas VII di Yayasan Pembinaan Anak Cacat Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (skripsi_1403016028_lengkap)
1403016028_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran Agama Islam pada anak tunadaksa di Sekolah Yayasan Pendidikan Anak Cacat (YPAC) Semarang. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran PAI pada anak tunadaksa di SLB YPAC Semarang, 2) Bagaimanakah problematika pada pembelajaran PAI pada anak tunadaksa di SLB YPAC Semarang. Datanya diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada peserta didik tunadaksa berlangsung seperti pendidikan pada umumnya, hanya saja pelaksanaan dan materi pembelajarannya di sesuaikan dengan keadaan peserta didik yang memiliki kekurangan dalam dalam kecekatanya menerima materi. Pelaksanaan pembelajaran peserta didik tunadaksa sudah berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajarannya, yaitu sebagai pembekalan dalam beragama. Namun, berdasarkan tujuan pendidikan yang sebenarnya pelaksanaan pembelajaran belum berlangsung dengan baik. Ada beberapa hal yang kesulitan bagi anak tunadaksa untuk melaksanakannya, yaitu pembelajaran agama yang berkenaan dengan prektek seperti sholat. 2) Problematika yang ada pada pelaksanaan pembelajaran PAI tunadaksa di YPAC Semarang ini yaitu dalam pelaksanaannya terjadi penggabungan kelas, karena terbatasnya guru agama sehingga waktu dan tempat pelaksanaan pembelajaran semua peserta didik tunadaksa di YPAC dijadikan satu, jadi waktu untuk menyampaikan materi sesuai jenjangnya menjadi berkurang. Hal ini mengefesien waktu pengajar namun tidak efektif dalam menyampaikan materi untuk peserta didik. Dan tidak peserta didik tidak memiliki buku pedoman atau pegangan untuk individu.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorKholiq, AbdulNIDN2015097101
Thesis advisorMuthohar, SofaNIDN2005077502
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI; Tunadaksa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 22 Feb 2020 03:34
Last Modified: 22 Feb 2020 03:34
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10612

Actions (login required)

View Item View Item