Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping pada Materi Pokok Gaya terhadap Hasil Belajar Siswa kelas V MI I’anatusshibyan Mangkang Tahun Ajaran 2011/2012.

Setiyoningsih, Dini (2012) Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping pada Materi Pokok Gaya terhadap Hasil Belajar Siswa kelas V MI I’anatusshibyan Mangkang Tahun Ajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083911021_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911021_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911021_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911021_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911021_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911021_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911021_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh penggunaan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa. Penggunaan metode Mind Mapping sebagai salah satu metode pembelajaran yang berbeda dengan metode ceramah. Dalam metode Mind Mapping siswa diajarkan untuk kreatif dalam mencatat materi-materi yang sudah disampaikan oleh guru ketika proses pembelajaran dengan cara membuat peta pikiran yang digabungkan dengan imajinasi dari masing-masing siswa. Tujuannya, agar siswa dapat dengan mudah mentransfer informasi ke dalam otak dan mengurangi kebosanan ketika belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen yakni menempatkan sampel penelitian ke dalam dua kelas untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan sebuah metode, yaitu metode Mind Mapping untuk kelas eksperimen dan metode ceramah untuk kelas kontrol. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian yang dilaksanakan di MI I’anatusshibyan Mangkang. Adapun populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V dan datanya diperoleh dengan cara metode tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dihitung dengan menggunakan analisis uji perbandingan dua rata – rata atau uji t satu pihak, yaitu pihak kanan. Berdasarkan uji homogenitas yang diambil dari nilai pos tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan uji kesamaan dua varian, diperoleh Fhitung = 2,754 dan Ftabel= 1,684 pada = 5% data pembilang = 21 dan data penyebut 21, dengan kriteria pengujian Ho diterima apabila Fhitung< Ftabel, dan sebaliknya. Karena pada pengujian diperoleh Fhitung> Ftabelartinya , kedua kelas tersebut mempunyai varians yang berbeda. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis uji t. Uji t dilakukan untuk membandingkan hasil pos tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui tingkat keberhasilan suatu metode, pengujian hipotesis menunjukkan bahwa dari hasil pos tes yang telah dilakukan diperoleh rata – rata hasil belajar kelompok eksperimen adalah 84,25 dan kelas kontrol 82,72. Sedangkan pada uji t, t hitung diperoleh 2,339 dan t tabel diperoleh 1,684 dengan kriteria pengujian Ha diterima jika t hitung> t tabel dan sebaliknya. Karena t hitung> t tabel. Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V MI I’anatusshibyan Mangkang Tahun Ajaran 2011/2012.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping; Metode Pembelajaran; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 19 Dec 2013 06:32
Last Modified: 19 Dec 2013 06:32
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1077

Actions (login required)

View Item View Item