Perbedaan Prestasi Belajar Peserta Didik Antara Kelas yang Menggunakan Metode Pembelajaran Synergetic Teaching dan Kelas yang Menggunakan Metode Pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran Fikih Materi Pokok Haji Kelas V Semester II di MI Miftahul Akhlaqiyah Tahun Ajaran 2011/2012

Mumtazah, Siti (2012) Perbedaan Prestasi Belajar Peserta Didik Antara Kelas yang Menggunakan Metode Pembelajaran Synergetic Teaching dan Kelas yang Menggunakan Metode Pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran Fikih Materi Pokok Haji Kelas V Semester II di MI Miftahul Akhlaqiyah Tahun Ajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083911087_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911087_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911087_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911087_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911087_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911087_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911087_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar peserta didik dalam kelas yang menggunakan metode pembelajaran synergetic teaching dan kelas yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran fikih materi pokok haji kelas V semester II di MI Miftahul Akhlaqiyah tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MI Miftahul Akhlaqiyah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang terbagi menjadi dua kelas. Dimana kelas eksperimen berjumlah 29 dan kelas kontrol berjumlah 27. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai ulangan harian sebelumnya. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan metode synergetic teaching dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data hasil belajar dari perlakuan yang berbeda didapat, maka dilakukan analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung = 5,974, dan ttable =2,000 Karena thitung > t table maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar peserta didik antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran synergetic teaching dan kelas yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran fikih materi pokok haji kelas V semester II di MI Miftahul Akhlaqiyah tahun ajaran 2011/2012 dengan rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 83,62 dan kelompok kontrol = 70,19.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Synergetic Teaching; Kreativitas Guru; Prestasi Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 19 Dec 2013 06:57
Last Modified: 19 Dec 2013 06:57
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1095

Actions (login required)

View Item View Item