Implementasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi Tindakan pada Siswa Kelas VIII A di MTs Ma'hadut Tholabah Babakan Lebaksiu Tegal)

Badruzaman, Badruzaman (2011) Implementasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi Tindakan pada Siswa Kelas VIII A di MTs Ma'hadut Tholabah Babakan Lebaksiu Tegal). Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Badruzaman_Tesis_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Badruzaman_Tesis_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Badruzaman_Tesis_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Badruzaman_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (35kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kerjasama siswa dalam kelompok belajar di kelas dan juga masih rendahnya hasil belajar siswa pada kelas VIII A MTs Ma’hadut Tholabah Babakan Lebaksiu Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerjasama dan hasil belajar pada proses pembelajaran Fiqih dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) di kelas VIII A semester genap MTs Ma’hadut Tholabah Babakan Lebaksiu Tegal tahun ajaran 2010/2011. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan memberikan tindakan pada subjek penelitian dalam dua siklus pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A semester genap MTs Ma’hadut Tholabah Babakan Lebaksiu Tegal tahun ajaran 2010/2011. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk menilai kerjasama siswa dan lembar soal pre-test dan post test untuk data hasil belajar siswa. Analisis data untuk kemampuan bertanya siswa menggunakan analisis kualitatif deskriptif, data kualitatif dengan menghitung persentase siklus I dan siklus II. Sedangkan untuk data prestasi yang diperoleh dari hasil pre-test dan post-test siklus I dan II, dianalisis dengan menggunakan effect size, yaitu selisih antara rerata post- test siklus II dengan rerata post-test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa di MTs Ma’hadut Tholabah Babakan Lebaksiu Tegal. Peningkatan kerjasama siswa dapat dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang bekerjasama pada siklus II, dan semakin baik nilai dari masing-masing aspek yang meliputi: memberikan ide atau pendapat, menerima pendapat orang lain, melaksanakan tugas yang diberikan, sifat membantu sesama teman, dan kepedulian terhadap kesulitan sesama anggota kelompok. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu tahap pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap pra siklus, keaktifan kerjasama siswa sebesar 44,07% dan rata-rata tes akhir 63,69 dengan ketuntasan belajar 55,27%. Pada tahap siklus I setelah dilakukan tindakan keaktifan kerjasama siswa meningkat menjadi 57,24%. Dan rata-rata tes akhir 67,90 dengan ketuntasan belajar 76,32%. Sedangkan pada siklus II setelah dilakukan tindakan keaktifan kerjasama siswa mengalami peningkatan yaitu 91,45 %. Dan nilai rata-rata akhir 70,79 dengan ketuntasan belajar 97,37. Dari 3 tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkannya metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Team Assisted Individualization; Kerjasama; Hasil Belajar; Cooperative Learning; Learning Achievement
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 08 Oct 2013 08:35
Last Modified: 08 Oct 2013 08:35
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/110

Actions (login required)

View Item View Item