Pengaruh modal, sikap kewirausahaan, dan lama usaha terhadap pendapatan pedagang di Pasar Boja Kabupaten Kendal

Nur Rohmah, Hemi (2019) Pengaruh modal, sikap kewirausahaan, dan lama usaha terhadap pendapatan pedagang di Pasar Boja Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pasar merupakan tempat pedagang untuk memperoleh pendapatan. Setiap pedagang memiliki pendapatan yang berbedabeda. Aktivitas pedagang yang semakin meningkat menyebabkan semakin tingginya persaingan antar pedagang dalam memperoleh penghasilan atau pendapatan. Pendapatan itulah yang nantinya akan digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan setiap masyarakat. Oleh karena itu faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang harus diperhatikan agar pendapatan pedagang stabil dan kesejahteraannya meningkat sehingga kegiatan jual-beli di pasar dapat terus berjalan lancar, jumlah pedagang yang ada akan tetap bertahan dan semakin bertambah. Penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang diberikan langsung kepada para pedagang pasar di Pasar Boja Kabupaten Kendal. Sampel yang digunakan sebanyak 92 responden, dan didukung dengan data sekunder. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh modal, sikap kewirausahaan, dan lama usaha terhadap pendapatan. Metode analisis yang digunakan adalah uji valididtas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda,dan uji hipotesa meliputi; uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R2), yang kemudian data diolah menggunakan komputer program SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung masing-masing variabel independen adalah 2,043 untuk modal, 2,328 untuk sikap kewirausahaan, dan 3,994 untuk lama usaha, sedangkan nilai t tabel adalah 1,661 (t hitung > t tabel) itu artinya bahwa modal, sikap kewirausahaan, dan lama usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan. Sedangkan untuk hasil analisis koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,462 atau 46,2%. Hal ini mengasumsikan bahwa pendapatan dipengaruhi oleh modal, sikap kewirausahaan, dan lama usaha sebesar 46,2%. Sedangkan sisanya yaitu 53,8% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorMusahadi, MusahadiNIDN2009076901
Thesis advisorAfendi, ArifNIDN2026058501
Uncontrolled Keywords: Pendapatan; Pedagang; Pasar tradisional; Modal; Sikap kewirausahaan; Lama usaha
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 07 Apr 2020 04:30
Last Modified: 07 Apr 2020 04:30
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11083

Actions (login required)

View Item View Item