Implementasi Metode Plantet Questions pada Pembelajaran Fiqih Materi Kurban di Kelas V MI Roudlatut Tholibin Bulakan Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang

Yasin, Nur (2012) Implementasi Metode Plantet Questions pada Pembelajaran Fiqih Materi Kurban di Kelas V MI Roudlatut Tholibin Bulakan Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911087_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911087_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911087_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911087_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911087_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911087_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911087_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh Proses belajar mengajar fiqih yang dilakukan dalam kelas merupakan aktivitas mentransformasikan ilmu pengetahuan, sikap dan ketrampilan, disini dituntut peran dari seorang guru untuk menjadikan proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dengan bentuk keaktifan, kelas V MI Roudlatut Tholibin Bulakan Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang mulai melakukan proses pembelajaran fiqih yang berorientasi pada pembelajaran aktif, salah satu metode yang mulai dilakukan adalah metode plantet questions (Pertanyaan rekayasa). Tujuan yang menjadi kajian peneliti, yaitu: 1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi metode plantet questions pada pembelajaran fiqih di kelas V MI Roudlatut Tholibin Bulakan Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. 2) Untuk mengetahui problematika yang dihadapi dalam menerapkan metode plantet questions pada pembelajaran fiqih di kelas V MI Roudlatut Tholibin Bulakan Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang dan solusi yang dilakukan Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu pendekatan penelitian yang dimaksudkan untuk menjelaskan fenomena atau karakteristik individu, situasi atau kelompok tertentu secara akurat setelah data terkumpul lalu dianalisis dengan menggunakan analisis analisis deskriptif kritis. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Implementasi metode plantet questions pada pembelajaran fiqih di kelas V MI Roudlatut Tholibin Bulakan Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang dimulai menerangkan materi, melakukan tanya jawab membuat pertanyaan beserta isyarat, menyuruh siswa untuk membaca pertanyaan dan menjawab beserta memotivasi siswa membuat pertanyaan baru, proses diakhiri dengan memberikan soal dan penutup, proses ini dilakukan dengan melibatkan keaktifan siswa dan guru hanya sebagai motivator dalam pembelajaran. 2) Problematika yang dihadapi dalam yang dihadapi dalam menerapkan metode plantet questions pada pembelajaran fiqih di kelas V MI Roudlatut Tholibin Bulakan Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang berkaitan dengan metode plantet questions ini adalah metode yang baru sehingga membutuhkan kerja keras dari guru, kurangnya kemampuan siswa dalam bidang agama sehingga masih susah dalam mengimplementasikan metode ini, jam pelajaran yang terbatas dan kurangnya dukungan dari orang tua dalam peningkatan kemampuan belajar siswa

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fiqih; Metode Plantet Questions
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Dec 2013 07:45
Last Modified: 23 Dec 2013 07:45
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1124

Actions (login required)

View Item View Item