Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Fiqih Materi Pokok Ketentuan Qurban dengan Menggunakan Card Sort (Studi Tindakan di Kelas V MI Nurul Huda Pegundan Petarukan Pemalang Tahun Ajaran 2011/2012)

Sunarjo , Sunarjo (2012) Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Fiqih Materi Pokok Ketentuan Qurban dengan Menggunakan Card Sort (Studi Tindakan di Kelas V MI Nurul Huda Pegundan Petarukan Pemalang Tahun Ajaran 2011/2012). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911089_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911089_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911089_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911089_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911089_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911089_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911089_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi proses pembelajaran fiqih di kelas V MI Nurul Huda Pegundan Petarukan Pemalang lebih mengarah pada proses pembelajaran yang bersifat pasif dengan guru banyak ceramah dan diakhiri dengan tanya jawab, Pembelajaran Fiqih yang dilakukan oleh guru selama ini kurang menarik, membosankan, sehingga para siswa cenderung meremehkannya, salah satu yang bisa dilakukan pada pembelajaran fiqih adalah menerapkan metode card sort (menyortir kartu) Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1)Bagaimana penerapan metode card sort pembelajaran fiqih materi pokok ketentuan qurban di kelas V MI Nurul Huda Pegundan Petarukan Pemalang Tahun ajaran 2011/2012. 2) Seberapa besar peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa kelas V MI Nurul Huda Pegundan Petarukan Pemalang pada pembelajaran fiqih materi pokok ketentuan qurban setelah menerapkan metode card sort? Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terjadi peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa kelas V MI Nurul Huda Pegundan Petarukan Pemalang pada pembelajaran fiqih materi pokok ketentuan qurban setelah menerapkan metode card sort dapat di lihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik per siklus yaitu pada pra siklus ada 12 siswa atau 48,5%, mengalami kenaikan pada siklus I ada 22 siswa atau 66,7%, dan pada siklus II tingkat ketuntasan siswa ada 29 siswa atau 87,9%, peningkatan sebesar sebanyak 21,8% dan 18,8%. Begitu juga keaktifan belajar juga meningkat dimana pada siklus pada siklus I ada 20 siswa atau 60,6% dan mengalami kenaikan pada siklus II yaitu ada 30 siswa atau 90,9%,, peningkatan tersebut sebesar 30,3%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fiqih; Ketentuan Qurban; Metode Pembelajaran; Card Sort; Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Dec 2013 07:48
Last Modified: 23 Dec 2013 07:48
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1128

Actions (login required)

View Item View Item