Tinjauan hukum Islam terhadap praktek bagi hasil deposito wadi'ah

Ismail, Abdul Ghofir (2009) Tinjauan hukum Islam terhadap praktek bagi hasil deposito wadi'ah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (NIM_2103166_Skripsi_Lengkap)
2103166_Skripsi Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field Research) dalam bentuk studi kasus, untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan sumber data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui metode: interview dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh tersebut penulis dapat mendeskripsikan praktek bagi hasil deposito wadi’ah di BMT Syirkah muawanah MWC NU Adiwerna. Dimana dalam prakteknya BMT Syirkah Muawanah MWC NU Adiwerna berusaha mempraktekan bagi hasil dalam simpanan deposito berjangka yang berakadkan wadi’ah yad damamah, sedangkan kerjasama dalam bentuk akad wadi’ah yad damamah tidak mengenal adanya bagi hasil sebagaimana dalam akad lainnya seperti akad mudharabah, karena dalam akad wadi’ah yad damamah hanya mengenal pemberian bonus atau hibah kepada si penitip. Dan dalam sistem perhitungan bagi hasil deposito wadi’ah-nya pun pengelola BMT Syirkah Muawanah MWC NU Adiwerna menggunakan persentase dari uang yang didepositokan. Selanjutnya data yang diperoleh tersebut akan penulis analisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Sehingga penulis dapat menarik kesimpulan dari penelitian yang dilakukan sebagai hasil dari penelitian. Dari analisis yang penulis lakukan tersebut dapat dikatakan bahwa praktek bagi hasil deposito wadi’ah di BMT Syirkah muawanah MWC NU Adiwerna adalah bertentangan dengan prinsip bagi hasil dalam ekonomi Islam. Karena menggunakan persentase dari besarnya nilai simpanan. Bukan dengan membagikan profit atau keuntungan sesuai porsi yang disepakati. Berdasarkan kesimpulan diatas maka dapat penulis sarankan - Pengelola BMT Syirkah Muawanah MWC NU Adiwerna hendaknya belajar dari lembaga keuangan syariah lain yang telah berhasil menjalankan usahanya sesuai dengan prinsip-prinsip syariah yang berlaku. - BMT Syirkah Muawanah MWC NU hendaknya meningkatkan kinerja para personilnya melalui peningkatan pengembangan SDM. - DPS BMT Syirkah Muawanah MWC NU Adiwerna, hendaknya mengawasi dan mengatur ketentuan-ketentuan syariat yang berlaku. Sehingga dalam setiap kebijakan yang akan diambil tidak melenceng dari hukum syariat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorKhoirin, NurNIDN2001086301
Thesis advisorJunusi, Rahman ElNIDN2018116902
Uncontrolled Keywords: hukum;islam;praktek;deposito;wadi'ah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 204 Religious experiences, life, practice
200 Religion (Class here Comparative religion) > 205 Religious Ethics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:05
Last Modified: 02 Jul 2020 07:05
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11359

Actions (login required)

View Item View Item