Studi komparatif perilaku birrul walidain antara siswa yang berlatar belakang pendidikan sekolah dasar (SD) dengan siswa yang berlatar belakang pendidikan madrasah ibtidaiyah (MI) di MTs Fathul Ulum, Pandan Harum, Kec. Gabus, Kab. Grobogan tahun 2007/ 2008

Nurhuda, Achmad (2009) Studi komparatif perilaku birrul walidain antara siswa yang berlatar belakang pendidikan sekolah dasar (SD) dengan siswa yang berlatar belakang pendidikan madrasah ibtidaiyah (MI) di MTs Fathul Ulum, Pandan Harum, Kec. Gabus, Kab. Grobogan tahun 2007/ 2008. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3104068_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3104068_Skripsi_Lengkap)
3104065_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Achmad Nurhuda ( Nim : 3104068 ). Studi Komparatif Perilaku Birrul Walidain Antara Siswa Yang Berlatar Belakang Pendidikan Sekolah Dasar (SD) Dengan Siswa Yang Berlatar Belakang Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Di MTs Fathul Ulum, Pandan Harum Kec Gabus Kab Grobogan Tahun 2007/2008, Skripsi, Semarang : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo. 2008.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) Perilaku Birrul Walidain siswa yang berlatar belakang pendidikan Sekolah Dasar (SD) ditunjukan dengan (y) , (2) Perilaku Birrul Walidain siswa yang berlatar belakang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) ditunjukan dengan (x), (3) Ada perbedaan Perilaku Birrul Walidain Antara Siswa Yang Berlatar Belakang Pendidikan Sekolah Dasar (SD) (y) dengan Siswa Yang Berlatar Belakang Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) (x) di MTs Fathul Ulum, Pandan Harum Kec Gabus Kab Grobogan Tahun 2007/ 2008.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan tehnik komparatif. Pengambilan sampel dengan menggunakan tehnik random sampling yang digunakan untuk menjaring 127 sampel (65 siswa kelas VII-IX MTs yang berlatar belakang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan 62 siswa kelas VII-IX MTs yang berlatar belakang pendidikan Sekolah Dasar (SD)). Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan : (1) Angket, untuk menjaring data tentang perilaku Birrul Walidain siswa, (2) Dokumentasi, untuk menjaring data tentang profil yang berupa catatan, agenda dan lain sebagainya, (3) Observasi, untuk menjaring data tentang kegiatan yang dilakukan siswa dan benda yang menjadi objek penelitian seperti keadaan sekolah dan lain-lain, (4) Interview, digunakan untuk menjaring data tentang keadaan, siswa, guru, karyawan, perkembangan Madrasah, latar belakang Madrasah didirikan dan lain-lain.
Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan tehnik analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan tehnik analisis komparasi yaitu menggunakan rumus t-score (t-test). Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa : ”Ada perbedaan perilaku Birrul Walidain antara siswa yang berlatar belakang pendidikan Sekolah Dasar (SD) dengan siswa yang berlatar belakang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di MTs Fathul Ulum Pandan Harum Kec Gabus Kab Grobogan”, hal ini terbukti dalam tes dengan hasil to(t hasil hitung) : 3,27 lebih besar dari tt (t tabel) dalam taraf signifikansi 1% (2,62) dan tt dalam taraf signifikansi 5% (1,98). Dengan demikian Ho ditolak, artinya: rata-rata (mean) populasi birrul walidain antara siswa yang berasal dari MI dan SD adalah tidak identik atau berbeda secara nyata.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi Pendidik dan pengelola Madrasah Tsanawiyah Fathul Ulum Pandan Harum Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan agar senantiasa meningkatkan Perilaku Birrul Walidain siswanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Birrul Walidain
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Muhammad
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:08
Last Modified: 02 Jul 2020 07:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11416

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics