Trilogi mendidik anak dalam kandungan: telaah teoritik pemikiran Mansur

Kamidun, Kamidun (2009) Trilogi mendidik anak dalam kandungan: telaah teoritik pemikiran Mansur. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (NIM_3103110_Skripsi_Lengkap)
3103110_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengkaji konsep mendidik anak dalam kandungan dalam persfektif Mansur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). untuk mengetahui bagaimanakah konsep Trilogi persiapan mendidik anak yang ditawarkan oleh Dr. Mansur, M.A. 2). untuk mengetahui bagaimanakah aktualisasi konsep tersebut bila diterapkan pada masa sekarang. Dalam pengumpulan data, penulis mendasarkan pada metode library research murni, yaitu penelitian terhadap perpustakaan guna memperoleh pedoman-pedoman teori dengan menelaah buku-buku yang relevan dengan penelitian dan hasilnya dijadikan landasan pemikiran untuk menganalisa pemikiran Mansur tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Konsep trilogi mendidik anak dalam kandungan menurut pemikiran Mansur yaitu meliputi: strategi menghindari penyakit keturunan, dan konsep trilogi terdiri dari: pertama, sebersih-bersih tauhid, yang meliputi: memperbanyak amal shaleh, sedekah, berdzikir kepada Allah, membaca ayat al-Qur’an, dan lain-lain. Kedua, setinggi-tinggi ilmu pengetahuan yang meliputi: masalah makanan dan perilaku orang tua. Ketiga, sepandai-pandai siyasah yang meliputi: program khusus pendidikan anak dalam kandungan dan program umum, yaitu pemberian nutrisi, lingkungan sehat, ikatan jalinan keluarga, serta keselamatan bagi bayi dan ibu. Sedangkan aktualisasi konsep tersebut, sangat perlu direalisasikan bagi calon ibu dan calon bapak. Mengingat untuk mewujudkan cita-cita pendidikan Islam yakni terwujudnya insan kamil, maka pendidikan terhadap anak perlu diterapkan sedini mungkin, yakni sejak anak masih berada dalam kandungan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan memberi konstribusi sebagai bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, terutama yang berkaitan dengan mendidik anak dalam kandungan, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, khususnya memberikan konstribusi bagi umat Islam agar lebih memperhatikan pendidikan anaknya sejak dini, yaitu sejak anak masih berada dalam kandungan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorMashumah, Lift AnisNIDN2028097202
Thesis advisorMusthofa, MusthofaNIDN2003047103
Uncontrolled Keywords: Trilogi Mendidik; Mendidik Anak; Prenatal Education; Pemikiran Mansur
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:37
Last Modified: 02 Jul 2020 07:37
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11470

Actions (login required)

View Item View Item