Pemberdayaan Madrasah Melalui Penerapan Total Quality Management Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Surakarta

Diana, Nikmah (2009) Pemberdayaan Madrasah Melalui Penerapan Total Quality Management Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Surakarta. Undergraduate (S1) thesis, IAIN WALISONGO.

[img]
Preview
Text (NIM_3104316_Skripsi_Lengkap)
3104316_fullpdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang penerapan Total Quality Management dan untuk mengetahui upaya peningkatan Total Quality Management di Madrasah Aliyah Negeri 1 Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, yang mengambil lokasi di MAN 1 Surakarta. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara untuk menggali data tentang penerapan Total Quality Management di MAN 1 Surakarta, metode dokumentasi untuk menggali data tentang gambaran umum MAN 1 Surakarta, dan metode observasi untuk mengetahui jenis layanan di MAN 1 Surakarta. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis evaluatif yang meliputi reduksi data, penyajian (display) data, dan verifikasi atau penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Total Quality Management di MAN 1 Surakarta masih sangat sederhana. Hal ini terbukti bahwa madrasah ini telah merespon keinginan Pelanggan pendidikan, yakni terdiri dari siswa, orangtua, pejabat pendidikan, pengusaha, dunia kerja/dunia pendidikan, guru dan karyawan.selain itu madrasah ini juga memperhatikan masalah layanan. Pelayanan yang terbaik tentunya akan menciptakan kepuasan pelanggan, serta memberdayakan Sumber Daya Insani dan Personil yang memegang peranan penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia yang didalamnya termasuk siswa dan guru sebagai pengajar. Upaya yang dilakukan MAN 1 Surakarta dalam peningkatan Total Quality Management antara lain terdiri dari : a) Upaya peningkatan mutu pendidikan berupa pengembangan kurikulum madrasah, peningkatan kualitas tenaga pendidikan, serta meningkatkan sarana dan prasarana madrasah, b) Upaya peningkatan mutu layanan yang ditempuh dengan membangun kultur mutu dalam semua komponen madrasah, serta meningkatkan profesionalisme guru, adanya kontak langsung antara provider (yang melayani) dengan user (pengguna layanan) untuk membuka komunikasi dengan pelanggan, Layanan secara luas dengan memberikan kepuasan bagi para pelanggan, mengupayakan layanan terbaik oleh semua staf di madrasah, Pemimpin madrasah senantiasa menanamkan untuk berbuat yang terbaik dan meyakinkan serta memotivasi staf akan pentingnya layanan. Saran-saran peneliti saat melakukan penelitian adalah untuk meningkatkan mutu madrasah semua lapisan pendukung pendidikan baik itu guru, siswa, materi, metode, maupun sarana pendukung harus diperbaiki semaksimal mungkin sehingga akan mendapat hasil yang bermutu. Serta seluruh komponen madrasah yakni kepala madrasah, guru, karyawan, serta komite madrasah untuk berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pendidikan untuk meningkatkan mutu madrasah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorSyukur, FatahNIDN2012126801
Thesis advisorIsmail, IsmailNIDN2021107101
Uncontrolled Keywords: Madrasah; quality management
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:23
Last Modified: 01 Oct 2020 02:23
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11589

Actions (login required)

View Item View Item