Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sub Pokok Bahasan Operasi Bilangan Pecahan dengan Menggunakan Kartu Pecahan pada Kelas III MII Sangubanyu Batang Tahun Pelajaran 2011/2012

Sukowati, Lilik (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sub Pokok Bahasan Operasi Bilangan Pecahan dengan Menggunakan Kartu Pecahan pada Kelas III MII Sangubanyu Batang Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911197_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911197_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911197_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911197_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911197_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911197_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911197_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan penerapan alat peraga kartu pecahan dalam meningkatkan hasil belajar pengerjaan hitung matematika sub bahasan operasi bilangan pecahan. Kajian yang dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih di bawah rata-rata, dan perlunya pembelajaran matematika realistik untuk tingkat dasar agar motrifasi terhadap matematika bertambah. Sehingga penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana pelaksanaan penerapan alat peraga kartu pecahan terhadap hasil belajar pada sub bahasan operasi bilangan pecahan? (2) Apakah penerapan alat peraga karu pecahan pada sub bahasan operasi bilangan pecahan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas III MII Sangubanyu Kecamatan Bawang Kabupaten Batang? Permasalahan tersebut dibahas melalui penilitan tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di MII Sangubanyu Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. Pengambilan tersebut didasarkan pada nilai rata-rata peserta didik yang jauh dibawah rata-rata 60. Adapun data yang diolah, diperoleh dari berbagai wawancara, observasi, tes dan dokumentasi, yang di analisis selama dua siklus. Kajian pada tulisan ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan alat peraga kartu pecahan adalah skenario pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pengerjaan sub bahasan operasi bilangan pecahan kelas III MII Sangubanyu Kecamatan Bawang Kabupaten Batang Tahun 2011/2012, dengan model demonstrasi pengerjaan hitung menggunakan kartu pecahan dalam memahami sub bahasan operasi bilangan pecahan dapat membuat peserta didik lebih memahami materi secara visual dan nyata daripada secara simbol abstrak atau audio. (2) Pennggunaan alat peraga kartu pecahan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi bahasan operasi bilangan kelas III MII Sangubanyu Kecamatan Bawang Kabupaten Batang Tahun 2011/2012 dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 80. Dengan keberhasilan belajar klasikal 81%. Dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik pada pengerjaan hitung matematika sub bahasan operasi bilangan pecahan maka dapat berarti pula penerapan alat peraga kartu pecahan dapat diterapkan pada materi lainnya namun dengan variasi yang berbeda agar tidak selalu monoton.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bilangan Pecahan; Strategi Pembelajaran; Hasil Belajar; Kartu Pecahan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Dec 2013 08:25
Last Modified: 23 Dec 2013 08:25
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1163

Actions (login required)

View Item View Item