Penggunaan Metode Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Fiqih Pokok Bahasan Tata Cara Ibadah Haji Kelas V Semester 2 di MI Tarbiyyatul Athfal Wedung Demak Tahun Pelajaran 2010 / 2011.

Khuzaemah, Khuzaemah (2012) Penggunaan Metode Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Fiqih Pokok Bahasan Tata Cara Ibadah Haji Kelas V Semester 2 di MI Tarbiyyatul Athfal Wedung Demak Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911202_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (938kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911202_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911202_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911202_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911202_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911202_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911202_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah :1) untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan metode Index Card Match pada pelajaran Fiqih Pokok Bahasan Tata cara Ibadah Haji di MI Tarbiyyatul Athfal Wedung Demak tahun pelajaran 2010/2011. 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Fiqih Pokok Bahasan Tata cara Ibadah Haji di MI Tarbiyyatul Athfal Wedung Demak tahun pelajaran 2010/2011 dengan menggunakan model Index Card Match . Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Tarbiyyatul Athfal Wedung Demak tahun pelajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observassi di kelas dan tes evaluasi untuk mengetahui keberhasilan peserta didik dari tahapan persiklus. Pada pra siklus diinterpretasikan bahwa hasil belajar peserta didik adalah rendah, nilai ketuntasan individu 55 % dan klasikal 9,25%, nilai rata-rata pra siklus 55. Dengan demikian, siswa belum dikatakan tuntas belajarnya, karena belum mencapai nilai minimal 65. Pada Siklus 1 dilaksanakan satu pertemuan dengan perolehan nilai hasil belajar secara individu 63,21%, nilai hasil belajar secara klasikal 47,61 %, nilai rata-rata hasil tes tertulis 63,21. Kemudian pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan, nilai peserta didik secara individual 74 %, nilai peserta didik secara klasikal 98 %, nilai rata-rata hasil tes tertulis 73. dengan ketuntasan minimal individu dan klasikal 65. Dari dua tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Fikih pokok bahasan Tata cara ibadah haji setelah menggunakan model Index Card Match

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pelajaran Fiqih; Tata Cara Ibadah Haji; Metode Pembelajaran; Index Card Match; Hasil belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Dec 2013 08:29
Last Modified: 23 Dec 2013 08:29
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1167

Actions (login required)

View Item View Item