Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih Materi Pokok Qurban Kelas V Semester Genap MI Sendangkulon Kangkung Kendal melalui Perpaduan Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here dan Team Quiz Tahun 2011/2012

Mastur, Mastur (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih Materi Pokok Qurban Kelas V Semester Genap MI Sendangkulon Kangkung Kendal melalui Perpaduan Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here dan Team Quiz Tahun 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911207_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911207_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911207_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911207_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911207_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911207_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911207_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (22kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi Pembelajaran fiqih yang selama ini dilakukan di kelas V semester genap MI Sendangkulon Kangkung Kendal masih banyak dipengaruhi oleh cara-cara tradisional, Jika dilihat dari ketuntasan belajarnya dengan nilai 70 hanya berkisar pada 40-50% dari jumlah siswa di kelas V semester genap MI Sendangkulon Kangkung Kendal. Salah satunya yang bisa dilakukan yaitu dengan memberikan model pembelajaran baru yang dikenal dengan nama active learning (pembelajaran aktif) pembelajaran aktif adalah menerapkan everyone is a teacher yang di padukan dengan team quiz. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Apakah model pembelajaran everyone is a teacher here dan team quiz dapat meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran fiqih materi pokok qurban kelas V semester Genap MI Sendangkulon Kangkung Kendal? 2) Apakah model pembelajaran everyone is a teacher here dan team quiz dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok qurban kelas V semester Genap MI Sendangkulon Kangkung Kendal? Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi, metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, tes dokumentasi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran everyone is a teacher here dan team quiz sudah dapat meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran fiqih materi pokok qurban kelas V semester Genap MI Sendangkulon Kangkung Kendal, hal ini terlihat dari meningkatnya keaktifan per siklus dimana pada siklus I rata-rata kelas 65,08%, mengalami kenaikan pada siklus II yaitu rata-rata kelas 86,51%, ini menunjukkan hasil yang dicapai sesuai indikator yang ditentukan yaitu di atas 85%. 2) Penerapan model pembelajaran everyone is a teacher here dan team quiz sudah dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok qurban kelas V semester Genap MI Sendangkulon Kangkung Kendal, hal ini dapat di lihat dari kenaikan hasil belajar tiap siklusnya dimana pra siklus ada 9 siswa atau 43% naik pada siklus I yaitu ada 14 siswa atau 66% dan siklus II ada 18 siswa atau 86%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pelajaran Fiqih; Model Pembelajaran; Everyone is a Teacher Here; Team Quiz
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Dec 2013 08:32
Last Modified: 23 Dec 2013 08:32
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1174

Actions (login required)

View Item View Item