Pemanfaatan Media Kartu Pecahan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Operasi Hitung Pecahan pada Siswa Kelas V MI Kertomulyo Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal

Purnamawati, Layly (2012) Pemanfaatan Media Kartu Pecahan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Operasi Hitung Pecahan pada Siswa Kelas V MI Kertomulyo Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
0939112016_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0939112016_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0939112016_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0939112016_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0939112016_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0939112016_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0939112016_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menjelaskan bagaimana pemanfaatan media kartu pecahan dalam pembelajaran matematika kompetensi dasar penjumlahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan (2) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di MI Kertomulyo Kecamatan Brangsng Kabupaten Kendal sehingga dapat memenuhi standar kurikukulum matematika khususnya materi pokok operasi hitung pecahan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) pada siswa kelas V MI Kertomulyo Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Dari hasil observasi secara langsung di kelas V melalui pra siklus, penelitian tindakan dapat diketahui bahwa metode yang digunakan oleh guru mata pelajaran matematika pada materi pokok operasi hitung pecahan belum menggunakan media kartu pecahan sehingga siswa kurang berminat dalam pembelajaran matematika materi pokok operasi hitung pecahan, hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum optimal artinya belum mencapai criteria ketuntasan minimal ( KKM ). Kesiapan dalam pembelajaran dan keaktifan siswa menggambarkan semangat untuk mengikuti pembelajaran. Subyek yang akan diteliti adalah Siswa kelas V MI Kertmulyo Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal yang berjumlah 28 siswa , terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan menggunakan media kartu pecahan dengan materi yang belum diajarkan mencptakan suasana pembelajaran aktif serta hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap pra siklus , siklus I, dan siklus II. Pada tahap pra siklus tes hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi pokok operasi hitung pecahan menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara klasikal 46,42% dengan rata-rata kelas 60,00 siswa yang mendapat nilai diatas 60,00 sejumlah 13 siswa sedangkan yang mendapat nilai dibawah 60,00 sebanyak 15 siswa. Pada siklus I tes hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi pokok operasi hitung pecahan menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara klasikal 57,14% dengan rata-rata kelas 63,57 siswa yang mendapat nilai diatas 60,00 sejumlah 16 siswa sedangkan yang mendapat nilai dibawah 60,00 sebanyak 12 siswa. Pada siklus II tes hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi pokok operasi hitung pecahan menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara klasikal 89,28% dengan rata-rata kelas 77,50 siswa yang mendapat nilai diatas 60,00 sejumlah 25 siswa sedangkan yang mendapat nilai dibawah 60,00 sebanyak 3 siswa. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan pemanfaatan media kartu pecahan dengan sebelumnya. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan pemanfaatan media kartu pecahan. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (siswa, guru, dan orang tua) untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok operasi hitung pecahan. Dorongan belajar atau motivasi semangat belajar juga bias berasal dari factor orang tua atau keluarga yang dapat mempengaruhi kondisi psikologi anak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Media Kartu Pecahan; Matematika; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Dec 2013 03:12
Last Modified: 24 Dec 2013 03:12
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1176

Actions (login required)

View Item View Item