Dasar-dasar Statistik untuk ilmu pendidikan, sosial & humaniora

Hadjar, Ibnu (2014) Dasar-dasar Statistik untuk ilmu pendidikan, sosial & humaniora. Pustaka Zaman, Semarang. ISBN 978-602-70-9

[img] Text
IBNU_HADJAR-BUKU-STATISTIK.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Statistik merupakan salah satu matakuliah yang wajib diberikan-secara fakultatif kepada mahasiswa sebagai bagian dari kurikulum-setiap satuan pendidikan tinggi (PP 19/2005, ps.9:3). Matakuliah ini-“dimaksudkan untuk memberikan dasar-dasar pemahaman dan-penerapan metode kuantitatif yang pelaksanaannya disesuaikan-dengan kebutuhan program studi yang bersangkutan” (Penjelasan PP-19/2005, ps.9:3). Sebagai bagian dari kehidupan akademik di-perguruan tinggi (di luar Program Studi Ilmu Statistik), statistik-diperlukan sebagai materi instrumental untuk penelitian maupun-memahami matakuliah yang lain. Dalam kehidupan social dan-humaniora, banyak aspek dan fenomena social dan kemanusiaan yang-hanya dapat dipahami dengan baik bila menggunakan bantuan-statistik. Bahkan banyak pihak yang menggunakan statistik dalam-menyampaikan pesan untuk menarik dan meyakinan public, untuk-kepentingan tertentu. Seringkali statistik digunakan pihak-pihak-tertentu secara tidak jujur untuk menyampaikan pesan, seperti hasilhasil--poling politik dan sosial atau data-data lain untuk kepentingan-tertentu. Karena itu, untuk memahami berbagai masalah sosial dengan-benar diperlukan pemahaman statistik, setidaknya logika, metode-maupun teknik yang mendasar.

[error in script]
Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Statistik; Pendidikan; Ilmu sosial; Humaniora
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 001 Knowledge
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Buku (Books)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:55
Last Modified: 30 Nov 2020 04:55
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11772

Actions (login required)

View Item View Item