Dasar-dasar Statistik untuk ilmu pendidikan, sosial & humaniora
Hadjar, Ibnu (2014) Dasar-dasar Statistik untuk ilmu pendidikan, sosial & humaniora. Pustaka Zaman, Semarang. ISBN 978-602-70-9
IBNU_HADJAR-BUKU-STATISTIK.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstract
Statistik merupakan salah satu matakuliah yang wajib diberikan-secara fakultatif kepada mahasiswa sebagai bagian dari kurikulum-setiap satuan pendidikan tinggi (PP 19/2005, ps.9:3). Matakuliah ini-“dimaksudkan untuk memberikan dasar-dasar pemahaman dan-penerapan metode kuantitatif yang pelaksanaannya disesuaikan-dengan kebutuhan program studi yang bersangkutan” (Penjelasan PP-19/2005, ps.9:3). Sebagai bagian dari kehidupan akademik di-perguruan tinggi (di luar Program Studi Ilmu Statistik), statistik-diperlukan sebagai materi instrumental untuk penelitian maupun-memahami matakuliah yang lain. Dalam kehidupan social dan-humaniora, banyak aspek dan fenomena social dan kemanusiaan yang-hanya dapat dipahami dengan baik bila menggunakan bantuan-statistik. Bahkan banyak pihak yang menggunakan statistik dalam-menyampaikan pesan untuk menarik dan meyakinan public, untuk-kepentingan tertentu. Seringkali statistik digunakan pihak-pihak-tertentu secara tidak jujur untuk menyampaikan pesan, seperti hasilhasil--poling politik dan sosial atau data-data lain untuk kepentingan-tertentu. Karena itu, untuk memahami berbagai masalah sosial dengan-benar diperlukan pemahaman statistik, setidaknya logika, metode-maupun teknik yang mendasar.
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Statistik; Pendidikan; Ilmu sosial; Humaniora |
Subjects: | 000 Computer science, information, general works > 001 Knowledge 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Buku (Books) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 30 Nov 2020 04:55 |
Last Modified: | 30 Nov 2020 04:55 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11772 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year