Studi pemikiran Amina Wadud Muhsin tentang penyelesaian nusyuz yang dilakukan oleh istri : analisis dari perspektif tafsir QS. An-Nisa’ : 34

Mushodiqin, Mushodiqin (2008) Studi pemikiran Amina Wadud Muhsin tentang penyelesaian nusyuz yang dilakukan oleh istri : analisis dari perspektif tafsir QS. An-Nisa’ : 34. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_2104158_Mushodiqin]
Preview
Text (Skripsi_2104158_Mushodiqin)
2104158_MUSHODIQIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam kasus nusyuz yang dilakukan oleh suami, suatu cara yang berbeda telah diajarkan oleh Islam, yakni perdamaian (rekonsiliasi). Sedangkan ketika nusyuz itu dilakukan oleh istri Islam pun memberi tuntunan kepada suami bagaimana seharusnya bersikap dan berlaku terhadap istri yang membangkang, jangan sampai pembangkangan mereka berlanjut dan jangan sampai juga sikap suami berlebihan sehingga mengakibatkan runtuhnya kehidupan rumah tangga. Akan tetapi dapat kenyataannya hal ini terjadi di tengah-tengah masyarakat kita dan sudah barang tentu sangat disesalkan. Sejumlah kaum ibu mengeluhkan perlakuan para suami yang dengan berani menghina dan menyakiti istri-istri mereka. Di kalangan masyarakat kita banyak kekerasan rumah tangga yang dilakukan oleh suami terhadap istrinya.
Memahami persoalan nusyuz yang dilakukan istri harus dalam konteks “menjunjung tinggi harkat dan martabat kaum wanita”. Artinya apapun alasannya penyelesaian yang ditempuh dalam hal ini tetap berdasarkan kemuliaan dan realitas manusia. Sehingga ayat tentang hukuman bagi istri yang nusyuz, dipahami dan ditafsirkan secara tepat, utuh, holistik dan integratif. Sehingga tidak terjebak pada teks-teks yang bersifat parsial dan legal formal. Sehingga ajaran-ajarannya akan menjamin kemuliaan dan kehormatan terhadap kaum wanita.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nusyuz; Tafsir Al-Qur'an; Amina Wadud
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Dec 2020 01:50
Last Modified: 02 Dec 2020 01:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11793

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics