Penerapan Metode Praktikum dengan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI Kelas V pada Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Perubahan Sifat Benda di MI Negeri Sumurrejo Gunungpati Semarang Tahun 2011

Atikah, Nanik (2012) Penerapan Metode Praktikum dengan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI Kelas V pada Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Perubahan Sifat Benda di MI Negeri Sumurrejo Gunungpati Semarang Tahun 2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911252_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911252_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911252_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911252_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911252_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911252_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911252_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui implementasi metode praktikum dengan pendekatan konstruktivisme pada mata pelajaran IPA materi pokok perubahan sifat benda di kelas V MI Negeri Sumurrejo Semarang; 2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelasV semester I MI Negeri Sumurrejo Semarang pada mata pelajaran IPA materi pokok Perubahan Sifat Benda. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis untuk mengukur hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan penilaian kinerja untuk mengukur hasil belajar siswa pada aspek psikomotorik, Lembar observasi digunakan untuk mengukur keaktifan siswa dan aktifitas guru selama pelaksanaan proses pembelajaran. Data hasil penelitian diolah dengan analisis deskriptif. Indikator pencapaian kompetensi ketuntasan hasil belajar yang di tetapkan peneliti adalah 65% secara individu dan 85% secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahap prasiklus persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 54 % dan meningkat menjadi 84% pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 30 %, dan mengalami peningkatan menjadi 100 % pada siklus II setelah peneliti memperbaiki kekurangan yang ada pada pembelajaran siklus I. Hasil analisis data di atas menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode praktikum melalui pendekatan konstruktivisme pada materi pokok perubahan sifat benda. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari persentase keberhasilan tiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai informasi dan masukan bagi guru dalam melakukan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA materi pokok perubahan sifat benda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Praktikum; Metode Pembelajaran; IPA; Konstruktivisme; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Dec 2013 03:49
Last Modified: 24 Dec 2013 03:49
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1210

Actions (login required)

View Item View Item