Bimbingan Agama Islam di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Batu Nusakambangan

Asyhari, Manshur (2012) Bimbingan Agama Islam di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Batu Nusakambangan. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Manshur_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Manshur_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Manshur_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Manshur_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (149kB) | Preview

Abstract

Urgensi bimbingan agama Islam di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Batu Nusakambangan dengan tujuan memperbaiki, merubah, dan membentuk sikap dan perilaku dasar warga binaan pemasyarakatan untuk menjadikan dirinya lebih baik, lebih bertanggung jawab terhadap perbuatan yang dilakukannya. Secara teoritis ini terkadang timbul pertanyaan bila melihat kondisi nyata yang ada di lapangan out put dari proses bimbingan agama Islam yang telah diberikan di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Batu Nusakambangan terkadang ada mantan warga binaan pemasyarakatan yang masuk kembali ke Lembaga pemasyarakatan karena mengulangi tindak kriminal yang sama atau residivis. Masalah yang menjadi penekanan dalam penelitian ini mengapa diperlukan bimbingan agama Islam, dan bagaimana implementasi bimbingan agama Islam bagi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Batu Nusakambangan. Bimbingan agama Islam yang sudah dilaksanakan sekian tahun namun problematika tetap saja muncul baik dari segi teknis pelaksanaan, metode bimbingan, kebijakan yang diberikan oleh pengambil keputusan atau sumber daya manusianya. Secara umum dalam teknis pelaksanaan masalah yang sering muncul terutama dalam bidang keamanan. Dilihat dari segi sumber daya manusia yang ada, ada tiga staf pegawai dan satu pembimbing pelaksana bimbingan agama Islam masih sangat kurang mencukupi dan tidak representatif dengan rasio 340 warga binaan pemasyarakatan dengan kasus yang mayoritas berat. Sedang problematika yang lain adalah tidak adanya pedoman bimbingan agama Islam yang baku sehingga prosesnya tidak memiliki standar minimal terhadap materi yang disampaiakan kepada warga binaan. Berdasarkan analisa persoalan diatas perlu kiranya kita carikan jalan keluarnya, antara lain; Pertama, bimbingan agama Islam yang diterapkan di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Batu Nusakambangan pada prinsipnya dapat dilakukan secara langsung, kolektif dan klasikal sesuai dengan tingkat kasus kriminalitas yang dilakukan. Kedua, dilihat dari segi sumber daya manusia, penambahan jumlah staf pembimbing agama Islam, penyuluh agama Islam di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Batu Nusakambangan perlu diperbanyak dengan rasio jumlah warga binaan yang mencapai 400 orang. Ketiga, segala materi kegiatan bimbingan agama Islam harus disusun secara integral, dan konstruktif agar mempermudah pelaksanaan, dan evaluasinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama Islam; Islamic Religious Guidance; Lembaga Pemasyarakatan; Prison
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 28 Oct 2013 09:49
Last Modified: 28 Oct 2013 09:49
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/123

Actions (login required)

View Item View Item