Upaya Meningkatkan Intensitas Salat Melalui Metode Pembiasaan Berjamaah Salat Dhuhur Siswa Kelas 6 MI Muhammadiyah Kranggan Kecamatan Tersono Kabupaten Batang Tahun 2011/2012

Amanah, Amanah (2012) Upaya Meningkatkan Intensitas Salat Melalui Metode Pembiasaan Berjamaah Salat Dhuhur Siswa Kelas 6 MI Muhammadiyah Kranggan Kecamatan Tersono Kabupaten Batang Tahun 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911271-Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911271-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911271-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911271-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911271-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911271-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911271-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Tujuan yang menjadi kajian peneliti, yaitu: Untuk mengetahui bagaimanakah tingkat intensitas salat sebelum dan sesudah dilakukan salat berjamaah siswa kelas 6 MI Muhammadiyah Kranggan Kecamatan Tersono Kabupaten Batang Tahun 2011/2012. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui metode dokumentasi, metode observasi dan angket. Indikator kinerja penelitian berupa tercapainya ketuntasan belajar secara indiviual dan klasikal. Hasil data penelitian menunjukkan bahwa intensitas peserta didik dalam salat berjamaah berada pada taraf rendah, yaitu terlihat pada ketuntasan klasikal peserta didik hanya 37,8%. Dalam pra siklus ada 23 peserta didik yang tidak tuntas belajarnya dan 14 peserta didik yang tuntas belajar. Hal ini dikarenakan belum dilakukan proses pembiasaan salat berjamaah salat dhuhur. Atas dasar itu, peneliti bersama guru menyusun rencana untuk perbaikan prosentasi peserta didik dengan memberikan pendidikan pembiasaan salat berjamaah di kelas 6 MI Muhammadiyah Kranggan Tersono Kabupaten Batang. Setelah peneliti mengidentifikasi masalah, maka peneliti menyusun rencana tindakan yang akan digunakan, yaitu berupa penerapan metode pembelajaran dengan menggunakan pembiasaan. Hasil siklus I: Dalam proses pembelajaran pembiasaan ini peneliti mencatat aktivitas dan reaksi saat peserta didik melakukan salat dhuhur berjamaah. Diketahui beberapa peserta didik kurang memperhatikan guru, masih banyak yang mengobrol sendiri dan kurang konsen pada pembelajaran pembiasaan. Artinya, hanya beberapa peserta didik saja yang aktif dalam pembelajaran. Sehingga pelaksanaan pembelajaran pada siklus I dengan menggunakan pembiasaan salat berjamaah kurang optimal. Hal ini terlihat pada data hasil prosentase peserta didik pada siklus I yang menunjukkan bahwa indikator ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal belum tercapai, peserta didik yang tuntas belajar baru mencapai 62,2%. Dalam siklus ini ada 14 peserta didik yang belum mencapai nilai 70, 7 anak mendapat nilai 70 dan 16 anak telah mencapai nilai di atas 70. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada 14 peserta didik yang belum tuntas belajar. Hasil Siklus II, Perbaikan pada siklus II, intensitas salat siswa mengalami peningkatan. Peserta didik yang telah tuntas ada 33 anak dan 4 anak tidak tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan peserta didik telah tercapai. Ada 5 peserta didik yang mendapat nilai 70, 28 peserta didik mendapat nilai di atas 70 dan hanya 4 peserta didik yang belum mencapai nilai 70. Ketuntasan secara klasikal telah mencapai 89,2%. Hal ini menunjukkan bahwa upaya meningkatkan intensitas salat melalui metode pembiasaan berjamaah salat dhuhur siswa kelas 6 MI Muhammadiyah Kecamatan Tersono Kabupaten Batang tahun 2011/2012, telah berhasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Salat; Salat Berjamaah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 31 Dec 2013 07:15
Last Modified: 31 Dec 2013 07:15
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1259

Actions (login required)

View Item View Item