Implementasi Metode Role Playing dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Akhlak Terpuji Kelas IV Semester Genap di MI Wahid Hasyim Kedungmalang Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2011/2012

Tobibah, Tobibah (2012) Implementasi Metode Role Playing dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Akhlak Terpuji Kelas IV Semester Genap di MI Wahid Hasyim Kedungmalang Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093911272_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093911272_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (738kB) | Preview
[thumbnail of 093911272_Bab1.pdf]
Preview
Text
093911272_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 093911272_Bab2.pdf]
Preview
Text
093911272_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 093911272_Bab3.pdf]
Preview
Text
093911272_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 093911272_Bab4.pdf]
Preview
Text
093911272_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of 093911272_Bab5.pdf]
Preview
Text
093911272_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 093911272_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093911272_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (22kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui :(1) Bagaimana Implementasi metode Role Playing dalam pembelajaran Aqidah Akhlak pada materi pokok Akhlak terpuji kelas IV semester genap di MI Wahid Hasyim Kedungmalang.(2)apakah dengan menerapkan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Wahid Hasyim Kedungmalang Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang mata pelajaran Aqidah Akhlak materi pokok Akhlak Terpuji.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) pada peserta didik kelas IV MI Wahid Hasyim. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 Siklus yaitu masing-masing Siklus terdiri atas tahap Perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu Dokumentasi, pengamatan/observasi.Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya nilai rata-rata ulangan harian Aqidah Akhlak tahun kemarin yaitu 63 sedangkan KKM yang ditentukan yaitu 70.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa penerapan metode Role Playing pada materi pokok akhlak terpuji yang lebih optimal di MI Wahid Hasyim Kedungmalang tahun pelajaran 2011/2012. Dan ada penigkatan hasil belajar dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode role playing.
Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya 2 indikator yaitu rata-rata kelas dan ketuntasann klasikal. Pada Pra Siklus nilai rata-rata kelas mencapai 63,27 meningkat pada Siklus I yaitu mencapai 71,6 dan meningkat lagi pada Siklus II yaitu mencapai 81,6. Jadi nilai rata-rata/KKM ≥ 70. Untuk ketuntasan klasikal pada pra Siklus mencapai 48,27% meningkat pada Siklus I yaitu 64% dan meningkat lagi pada Siklus II yaitu mencapai 84%. Jadi sudah mencapai indikator ketuntasan klasikal yaitu ≥ 75%.
Penggunaan metode Role Playing dapat meningkatkan keaktifan peserta didik kelas IV mata pelajaran Aqidah Akhlak materi pokok Akhlak Terpuji di MI Wahid Hasyim Kedungmalang. Hal ini dibuktikan pada Siklus I keaktifan peserta didik mencapai 72% dan meningkat pada Siklus II mencapai 81%.
Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para tenaga pengajar khususnya mata pelajaran aqidah akhlak serta mampu memberikan semangat dan sikap positif terhadap pembelajaran aqidah akhlak agar senantiasa berprestasi baik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Aqidah Akhlak; Role Playing; Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 31 Dec 2013 07:16
Last Modified: 31 Dec 2013 07:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1260

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics