Implementasi Metode Role Playing dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Akhlak Terpuji Kelas IV Semester Genap di MI Wahid Hasyim Kedungmalang Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2011/2012
Tobibah, Tobibah (2012) Implementasi Metode Role Playing dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Akhlak Terpuji Kelas IV Semester Genap di MI Wahid Hasyim Kedungmalang Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093911272_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (738kB) | Preview
093911272_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (41kB) | Preview
093911272_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (135kB) | Preview
093911272_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (56kB) | Preview
093911272_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (322kB) | Preview
093911272_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (26kB) | Preview
093911272_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (22kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui :(1) Bagaimana Implementasi metode Role Playing dalam pembelajaran Aqidah Akhlak pada materi pokok Akhlak terpuji kelas IV semester genap di MI Wahid Hasyim Kedungmalang.(2)apakah dengan menerapkan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Wahid Hasyim Kedungmalang Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang mata pelajaran Aqidah Akhlak materi pokok Akhlak Terpuji.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) pada peserta didik kelas IV MI Wahid Hasyim. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 Siklus yaitu masing-masing Siklus terdiri atas tahap Perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu Dokumentasi, pengamatan/observasi.Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya nilai rata-rata ulangan harian Aqidah Akhlak tahun kemarin yaitu 63 sedangkan KKM yang ditentukan yaitu 70.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa penerapan metode Role Playing pada materi pokok akhlak terpuji yang lebih optimal di MI Wahid Hasyim Kedungmalang tahun pelajaran 2011/2012. Dan ada penigkatan hasil belajar dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode role playing.
Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya 2 indikator yaitu rata-rata kelas dan ketuntasann klasikal. Pada Pra Siklus nilai rata-rata kelas mencapai 63,27 meningkat pada Siklus I yaitu mencapai 71,6 dan meningkat lagi pada Siklus II yaitu mencapai 81,6. Jadi nilai rata-rata/KKM ≥ 70. Untuk ketuntasan klasikal pada pra Siklus mencapai 48,27% meningkat pada Siklus I yaitu 64% dan meningkat lagi pada Siklus II yaitu mencapai 84%. Jadi sudah mencapai indikator ketuntasan klasikal yaitu ≥ 75%.
Penggunaan metode Role Playing dapat meningkatkan keaktifan peserta didik kelas IV mata pelajaran Aqidah Akhlak materi pokok Akhlak Terpuji di MI Wahid Hasyim Kedungmalang. Hal ini dibuktikan pada Siklus I keaktifan peserta didik mencapai 72% dan meningkat pada Siklus II mencapai 81%.
Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para tenaga pengajar khususnya mata pelajaran aqidah akhlak serta mampu memberikan semangat dan sikap positif terhadap pembelajaran aqidah akhlak agar senantiasa berprestasi baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Aqidah Akhlak; Role Playing; Hasil Belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 31 Dec 2013 07:16 |
Last Modified: | 31 Dec 2013 07:16 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1260 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year