Analisis materi ajar matematika di SMP Darul Ma’arif Banyuputih Batang kelas VIII semester genap tahun ajaran 2013 ditinjau dari standar kompetensi dan kompetensi dasar.

Anshori, Anshori (2013) Analisis materi ajar matematika di SMP Darul Ma’arif Banyuputih Batang kelas VIII semester genap tahun ajaran 2013 ditinjau dari standar kompetensi dan kompetensi dasar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
073511018_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073511018_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073511018_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073511018_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073511018_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073511018_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073511018_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas materi ajar Matematika kelas VIII Semester genap di SMP Darul Ma’arif Banyuputih Batang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya materi ajar dalam memenuhi amanat yang terkandung dalam Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD). Namun dalam pelaksanaan pembuatan materi ajar dalam RPP terdapat beberapa kekurangan dalam muatan materi ajar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Materi Ajar Matematika kelas VIII Semester Genap di SMP Darul Ma’arif Banyuputih Batang sesuai dengan SK dan KD. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Metode penelitian kualitatif. Obyek penelitiaan ini adalah materi ajar yang ada didalam RPP Mata Pelajaran Matematika kelas VIII Semester genap di SMP Darul Ma’arif Banyuputih Batang. Sumber penelitian ini adalah dokumen RPP. Untuk memperoleh data ini digunakan metode dokumentasi, interview kemudian di analisis. Hasil analisis menunjukan bahwa kedelapan materi ajar tersebut tidak sepenuhnya memuat muatan materi ajar yang terdiri dari fakta, konsep, prinsip, prosedur, dan penulisan materi ajar. Namun secara keseluruhan sebagian besar materi ajar sudah sesuai dengan amanat yang terkandung dalam SK KD Matematika kelas VIII semester genap. Adapun materi ajar yang kurang sesuai terdapat pada materi ajar I, V, VII yang tidak memuat sebagian besar dari keseluruhan muatan materi ajar yaitu pada materi prinsip, prosedur, dan tata cara penulisan dalam materi ajar sehingga materi ajar tidak mencapai amanat dalam SK KD. Dalam penelitian ini penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa materi ajar yang tertuang dalam RPP Mata Pelajaran Matematika kelas VIII Semester genap di SMP Darul Ma’arif Banyuputih Batang sudah sesuai dengan amanat SK KD dengan tersajinya SK KD dalam materi ajar. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi bagi kepala sekolah dan masukan bagi para guru, sehingga mempunyai kompetensi yang memadai tentang konsep materi ajar, sebagai kompetensi secara profesional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika; Standar Kompetensi; Kompetensi Dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Feb 2014 07:58
Last Modified: 24 Feb 2014 07:58
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1561

Actions (login required)

View Item View Item