Studi korelasi antara hasil belajar kognitif aqidah dengan akhlak siswa kelas VIII MTs Tawang Rejosari Semarang tahun ajaran 2012/2013

Izzudin, Ahmad Arif Rohman (2013) Studi korelasi antara hasil belajar kognitif aqidah dengan akhlak siswa kelas VIII MTs Tawang Rejosari Semarang tahun ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111133_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111133_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111133_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111133_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111133_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111133_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111133_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang menjadi kajian peneliti, yaitu: (1) Bagaimana hasil belajar kognitif akidah siswa kelas VIII MTs Tawang Rejosari Semarang tahun ajaran 2012/2013? (2) Bagaimana akhlak siswa kelas VIII MTs Tawang Rejosari Semarang tahun ajaran 2012/2013? (3) Sejauh mana hubungan antara hasil belajar kognitif akidah dengan akhlak siswa kelas VIII MTs Tawang Rejosari Semarang tahun ajaran 2012/2013 ? Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menjelaskan hasil belajar kognitif akidah siswa kelas VIII MTs Tawang Rejosari Semarang tahun ajaran 2012/2013.(2) Untuk menjelaskan akhlak siswa kelas VIII MTs Tawang Rejosari Semarang tahun ajaran 2012/2013 . (3) Untuk menjelaskan sejauh mana hubungan antara hasil belajar kognitif akidah dengan akhlak siswa kelas VIII MTs Tawang Rejosari Semarang tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, angket/kuisioner, tes dengan teknik korelasional serta analisis regresi. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar kognitif aqidah siswa kelas VIII MTs Tawang Rejosari Semarang dapat dikategorikan “lebih dari cukup”. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata sebesar 73,48 yaitu terletak antara interval (70-79). (2) Akhlak siswa kelas VIII MTs Tawang Rejosari Semarang dapat dikategorikan “baik”. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata sebesar 102,89 yaitu terletak antara interval (96-106). (3) hasil belajar kognitif aqidah mempunyai korelasi positif terhadap akhlak siswa kelas VIII MTs Tawang Rejosari Semarang tahun ajaran 2012/2013 sebesar 28,4%, sedangkan sisanya sebesar 71,6% dipengaruhi oleh variabel atau faktor-faktor lain yang belum diteliti oleh penulis. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan korelasi product moment dengan teknik analisis regresi sederhana diperoleh rxy = 0,533 kemudian dikonsultasikan pada rtabel dengan N= 27 pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai rt = 0,381 dan pada taraf signifikansi 1% diperoleh nilai rt = 0, 487. Maka diketahui nilai rxy sebesar 0,533 lebih besar daripada rtabel,baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1%. Kemudian dianalisa menggunakan analisis regresi satu prediktor diperoleh hasil regresi (Fregresi) sebesar 9,911. Selanjutnya hasil yang diperoleh dikonsultasikan dengan Ftabel, baik pada taraf kepercayaan 95% Ft (0,05 = 4,24) maupun 99% Ft (0,01 = 7,77). Dengan demikian, Fregresi 9,911>Ftabel (0,05 = 4,24) dan Fregresi 9,911>Ftabel (0,01 = 7,77). Karena hasil Fregresi lebih besar dari Ftabel,maka hipotesis yang diajukan mengatakan bahwa “hasil belajar kognitif aqidah mempunyai korelasi positif terhadap akhlak siswa kelas VIII MTs Tawang Rejosari Semarang tahun ajaran 2012/2013” dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: aqidah; akhlak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Feb 2014 08:00
Last Modified: 24 Feb 2014 08:00
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1562

Actions (login required)

View Item View Item