Efektivitas model pembelajaran Quick on the Draw (QD) terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi pokok trigonometri kelas X SMA Negeri 14 Semarang tahun pelajaran 2012/2013

Huda, Khoirul (2013) Efektivitas model pembelajaran Quick on the Draw (QD) terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi pokok trigonometri kelas X SMA Negeri 14 Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093511019_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093511019_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093511019_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093511019_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093511019_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093511019_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093511019_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Quick on The Draw (QD) pada materi pokok trigonometri efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas X SMA Negeri 14 Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental yang berdesain “One Shot Case Study”, dilaksanakan pada kelas X SMA Negeri 14 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 14 Semarang tahun pelajaran 2012/2013, yang berjumlah 287 peserta didik dan terbagi ke dalam delapan kelas. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-3 yang terdiri dari 36 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Sedangkan yang menjadi kelas uji coba instrumen adalah kelas X-4 yang terdiri dari 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai nama-nama peserta didik kelas X di SMA Negeri 14 Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Sedangkan metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik kelas eksperimen pada materi pokok trigonometri sub bab aturan sinus dan kosinus. Dalam penelitian ini, peneliti memberikan model pembelajaran Quick on The Draw (QD) pada kelas eksperimen. Pada akhir pembelajaran, kelas eksperimen diberi tes uraian dengan menggunakan instrumen yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembedanya di kelas uji coba instrumen. Setelah data didapatkan, kemudian data tersebut dianalisis dengan uji t pihak kanan. Berdasarkan perhitungan hasil penelitian diperoleh nilai t_hitung=-0,328 sedangkan t_tabel=1,697. Karena t_hitung≤t_tabel maka H_o^ diterima, artinya rata-rata hasil belajar matematika peserta didik pada kelas eksperimen kurang dari KKM yaitu 74. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quick on The Draw (QD) tidak efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik pada materi pokok trigonometri kelas X SMA Negeri 14 Semarang tahun pelajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Quick on the Draw (QD); Hasil Belajar; Matematika; Trigonometri
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Mar 2014 08:51
Last Modified: 05 Mar 2014 08:51
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1602

Actions (login required)

View Item View Item