Alviana, Liyla (2013) Efektifitas model talking stick dalam pembelajaran biologi materi fungsi dan struktur tumbuhan yang terintegrasi al-Quran surat al-An’am terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA MA Hidayatus Syubban Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
|
Text
093811019_Coverdll.pdf - Accepted Version Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
093811019_Bab1.pdf - Accepted Version Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
093811019_Bab2.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
093811019_Bab3.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
093811019_Bab4.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
093811019_Bab5.pdf - Accepted Version Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
093811019_Bibliografi.pdf - Bibliography Download (97kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan di kelas XI MA Hidayatuss Syubban Semarang yaitu kurangnya aktifitas peserta didik pada pembelajaran biologi, kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh pendidik, peserta didik cenderung lebih pasif. Kurangnya keaktifan peserta didik mempengaruhi hasil belajar biologi di MA Hidayatuss Syubban Semarang. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan “Adakah Perbedaan Hasil belajar model talking stick pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol siswa MA Hidayatus Syubban Semarang kelas XI IPA pada materi fungsi dan struktur tumbuhan yang terintegarsi Al-Quran surat Al-An’am”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan teknik analisis uji-t. Dalam penelitian ini data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Metode Dokumentasi, yaitu untuk memperoleh data umum sekolah dan data peserta didik. Metode tes, yaitu untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa materi fungsi dan struktur tumbuhan yang terintegrasi al-Quran surat Al-An’am yang diberikan pada akhir pertemuan setelah diberi perlakuan yang berbeda pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah diuji hipotesis, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil analisis data post test yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,71 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 69,65 artinya kelas yang menggunakan model talking stick lebih baik apabila dibandingkan dengan siswa yang diberi perlakuan secara konvensional. Dengan adanya perbedaan ini menunjukkan bahawa model talking stick memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Biologi; Talking Stick; al-Qur'an dan Biologi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 577 General nature of life |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Biologi |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 14 Mar 2014 09:17 |
Last Modified: | 14 Mar 2014 09:17 |
URI: | http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1681 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |