Pengaruh metode problem posing dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang untuk peningkatan hasil belajar peserta didik MI I’anatus Shibyan Mangkang Kulon kelas V semester II tahun ajaran 2012/2013

Ariyanto, Fahmi (2013) Pengaruh metode problem posing dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang untuk peningkatan hasil belajar peserta didik MI I’anatus Shibyan Mangkang Kulon kelas V semester II tahun ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911013_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911013_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911013_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911013_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911013_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911013_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911013_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh penggunaan metode problem posing pada mata pelajaran Matematika materi sifat-sifat bangun ruang di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah I’anatus Shibyan Mangkang Kulon Tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk: ”mengetahui pengaruh metode problem posing dalam pembelajaran Matematika materi bangun ruang dalam peningkatan hasil belajar peserta didik Madrasah Ibtidaiyah I’anatus Shibyan Mangkang Kulon kelas V semester II tahun ajaran 2012/2013”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah peserta didik 43, dengan kelas V A yang terdiri dari 21 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas V B yang terdiri dari 22 peserta didik sebagai kelas kontrol. Peserta didik kelas VI sebagai kelas uji coba soal dengan jumlah peserta didik 34. Sebelum instrument test digunakan untuk mendapat data yang objektif terlebih dahulu dilakukan uji coba untuk pengujian validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan menggunakan data dokumentasi sebagai pelengkap. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa hasil test yang dilakukan diperoleh rata-rata hasil belajar (post test) kelompok yang menggunakan metode problem posing adalah 74,286, sedangkan rata-rata hasil belajar yang menggunakan metode konvensional adalah 66,818. Berdasarkan hasil uji komparasi (uji t-test) yang diperoleh bahwa thitung = 3,652 dan ttabel = 2,02 dengan taraf nyata sebesar 5% jika thitung > ttabel maka Ha diterima artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi pokok sifat-sifat bangun ruang antara penggunaan metode problem posing dengan metode konvensional. Demikian pembelajaran yang menggunakan pendekatan problem posing lebih baik daripada pembelajaran yang menggunakan metode konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi, motivasi dan sebagai bahan masukan bagi para tenaga pendidik. Dan diharapkan menjadi bahan pengalaman peserta didik untuk dapat menerapkan pembelajaran menggunakan Media pada materi pokok sifat-sifat bangun ruang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Problem Posinbg; Matematika; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 17 Mar 2014 02:21
Last Modified: 17 Mar 2014 02:21
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1687

Actions (login required)

View Item View Item