Analisis pengelolaan laboratorium dan sistem evaluasi kegiatan praktikum fisika dalam proses pembelajaran (studi kasus pada SMP Pondok Modern Selamat Kendal)

Wahidah, Miftahul Mukaromatul (2013) Analisis pengelolaan laboratorium dan sistem evaluasi kegiatan praktikum fisika dalam proses pembelajaran (studi kasus pada SMP Pondok Modern Selamat Kendal). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 073611039_Coverdll.pdf]
Preview
Text
073611039_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (547kB) | Preview
[thumbnail of 073611039_Bab1.pdf]
Preview
Text
073611039_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 073611039_Bab2.pdf]
Preview
Text
073611039_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of 073611039_Bab3.pdf]
Preview
Text
073611039_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 073611039_Bab4.pdf]
Preview
Text
073611039_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (691kB) | Preview
[thumbnail of 073611039_Bab5.pdf]
Preview
Text
073611039_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 073611039_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
073611039_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (103kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan studi kasus dalam lembaga pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Pondok Modern Selamat Kendal dengan tujuan mendeskripsikan pengelolaan laboratorium dan sistem evaluasi kegiatan praktikum fisika dalam proses pembelajaran. Adapun fokus penelitian ini diarahkan pada daya dukung fasilitas laboratorium, sistem organisasi manajemen laboratorium, pemanfaatan fasilitas laboratorium dalam proses pembelajaran fisika, dan sistem evaluasi kegiatan praktikum fisika.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif artinya data yang dianalisis tidak untuk menerima atau menolak hipotesis (jika ada), melainkan hasil analisis itu berupa deskripsi dari gejala-gejala yang diamati, yang tidak selalu harus berbentuk angka-angka atau koefisien antar variabel. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, pencatatan dokumen, dan observasi. Seluruh data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dan kebenarannya diperiksa dengan menggunakan teknik pemeriksaan kebenaran data triangulasi.
Hasil analisis data menunjukkan hal-hal sebagai berikut: (1) Daya dukung fasilitas laboratorium IPA di SMP Pondok Modern Selamat Kendal berkualifikasi baik. (2) Sistem organisasi manajemen laboratorium IPA SMP Pondok Modern Selamat Kendal kepala sekolah sebagai Pembina dari kepala laboratorium, salah satu tugas kepala laboratorium yaitu mengkoordinir para guru MIPA dan dibantu oleh seorang tenaga laboran ini belum berjalan secara maksimal. (3) Intensitas pemanfaatan fasilitas laboratorium di SMP PMS Kendal masih tergolong cukup baik. (4) Sistem evaluasi kegiatan praktikum di SMP PMS Kendal tidak seimbang dengan standar yang berlaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Laboratorium; Praktikum Fisika; Proses Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 Mar 2014 07:54
Last Modified: 25 Mar 2014 07:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1722

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics