Analisis pengelolaan laboratorium dan sistem evaluasi kegiatan praktikum fisika dalam proses pembelajaran (studi kasus pada SMP Pondok Modern Selamat Kendal)
Wahidah, Miftahul Mukaromatul (2013) Analisis pengelolaan laboratorium dan sistem evaluasi kegiatan praktikum fisika dalam proses pembelajaran (studi kasus pada SMP Pondok Modern Selamat Kendal). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
073611039_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (547kB) | Preview
073611039_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (237kB) | Preview
073611039_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (314kB) | Preview
073611039_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (172kB) | Preview
073611039_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (691kB) | Preview
073611039_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (59kB) | Preview
073611039_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (103kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini merupakan studi kasus dalam lembaga pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Pondok Modern Selamat Kendal dengan tujuan mendeskripsikan pengelolaan laboratorium dan sistem evaluasi kegiatan praktikum fisika dalam proses pembelajaran. Adapun fokus penelitian ini diarahkan pada daya dukung fasilitas laboratorium, sistem organisasi manajemen laboratorium, pemanfaatan fasilitas laboratorium dalam proses pembelajaran fisika, dan sistem evaluasi kegiatan praktikum fisika.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif artinya data yang dianalisis tidak untuk menerima atau menolak hipotesis (jika ada), melainkan hasil analisis itu berupa deskripsi dari gejala-gejala yang diamati, yang tidak selalu harus berbentuk angka-angka atau koefisien antar variabel. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, pencatatan dokumen, dan observasi. Seluruh data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dan kebenarannya diperiksa dengan menggunakan teknik pemeriksaan kebenaran data triangulasi.
Hasil analisis data menunjukkan hal-hal sebagai berikut: (1) Daya dukung fasilitas laboratorium IPA di SMP Pondok Modern Selamat Kendal berkualifikasi baik. (2) Sistem organisasi manajemen laboratorium IPA SMP Pondok Modern Selamat Kendal kepala sekolah sebagai Pembina dari kepala laboratorium, salah satu tugas kepala laboratorium yaitu mengkoordinir para guru MIPA dan dibantu oleh seorang tenaga laboran ini belum berjalan secara maksimal. (3) Intensitas pemanfaatan fasilitas laboratorium di SMP PMS Kendal masih tergolong cukup baik. (4) Sistem evaluasi kegiatan praktikum di SMP PMS Kendal tidak seimbang dengan standar yang berlaku.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Laboratorium; Praktikum Fisika; Proses Pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 25 Mar 2014 07:54 |
Last Modified: | 25 Mar 2014 07:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1722 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year