Penerapan pendekatan contextual teaching and learning untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran mapel aqidah akhlak (studi pada kelas VII D semester 1 SMP Nudia Semarang tahun ajaran 2010/2011)

Aziz, Nur (2011) Penerapan pendekatan contextual teaching and learning untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran mapel aqidah akhlak (studi pada kelas VII D semester 1 SMP Nudia Semarang tahun ajaran 2010/2011). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63111048-Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (980kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111048-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111048-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111048-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111048-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111048-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111048-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Aqidah Akhlak kelas VII SMP Nudia Semarang, yang disebabkan oleh rendahnya kualitas yang dilakukan oleh pendidik dalam proses pembelajaran. Guru menggunakan strategi yang cenderung konvensional sehingga menimbulkan kebosanan peserta didik. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimanakah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran mapel Aqidah Akhlak di kelas VII SMP Nudia Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Aqidah Akhlak untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas VII setelah pendekatan tersebut diterapkan. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII D SMP Nudia Semarang yang berjumlah 28 peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari; 1) Planning (rencana). 2) Action (tindakan). 3) Observation (pengamatan). dan 4) Reflection (refleksi). Dari hasil penelitian diperoleh: Hasil pengamatan pada pra siklus yaitu rata-rata aktivitas peserta didik dengan guru adalah 59,25% dan rata-rata aktivitas peserta didik dengan peserta didik adalah 62,85% yang belum mencapai indikator yaitu > 70%, dan jumlah keseluruhan aktivitas peserta didik adalah 57,50%, yang belum mencapai indikator yaitu > 80%. Hasil pengamatan pada siklus I yakni rata-rata aktivitas peserta didik dengan guru adalah 60,85% dan rata-rata aktivitas peserta didik dengan peserta didik adalah 61,605% yang belum mencapai indikator yaitu > 70%, dan jumlah keseluruhan aktivitas peserta didik adalah 70,00%, yang belum mencapai indikator yaitu > 80%. Untuk hasil pengamatan pada siklus II aktivitas peserta didik dengan guru meningkat menjadi 78,55% dan rata-rata aktivitas peserta didik dengan peserta didik meningkat menjadi 78,00% yang sudah mencapai indikator yaitu > 70%, dan jumlah keseluruhan aktivitas peserta didik 97,50 % yang sudah mencapai indikator yaitu > 80%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan keaktifan peseta didik kelas VII SMP Nudia Semarang dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. Dengan adanya peningkatan keaktifan peserta didik dalam proses belajar mengajar, maka penelitian ini sekaligus bermanfaat meningkatkan hasil belajar siswa, serta memberikan terobosan baru dalam pembelajaran yaitu penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL); Metode Pembelajaran; Keaktifan Siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 20 May 2014 04:51
Last Modified: 20 May 2014 04:51
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2105

Actions (login required)

View Item View Item