Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits pokok bahasan menghafal al-Qur’an surat pendek pilihan melalui penggunaan metode demonstrasi berkelompok (studi tindakan pada kelas V MI Futuhiyyah 02 Kudu kec Genuk kota Semarang tahun ajaran 2010/2011)

Anisah, Nur (2011) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits pokok bahasan menghafal al-Qur’an surat pendek pilihan melalui penggunaan metode demonstrasi berkelompok (studi tindakan pada kelas V MI Futuhiyyah 02 Kudu kec Genuk kota Semarang tahun ajaran 2010/2011). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63111075-Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111075-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111075-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111075-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111075-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111075-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111075-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: 1) Mengetahui pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas V MI Futuhiyyah 02 Kudu Kec. Genuk Kota Semarang. 2) Meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Futuhiyyah 02 Kudu Genuk Semarang melalui penggunaan metode demonstrasi pada materi menghafal surat Al-‘Alaq. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian siswa kelas V MI Futuhiyyah 02 Kudu Genuk Semarang dengan jumlah siswa 30 anak. Fokus yang diteliti dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Data hasil belajar kognitif dalam penelitian ini didapat dari nilai tes akhir siklus. Sedangkan hasil belajar psikomotorik didapat dari observasi pada saat pembelajaran Al-Qur’an Haditsdengan menggunakan metode demonstrasi sedang berlangsung. Data yang telah didapat kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif untuk mengetahui hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini dilihat hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan belajar ≥ 65. Proses penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Pelaksanaan siklus I sudah dirancang sebelumnya. Pelaksanaan siklus II merupakan hasil refleksi dari siklus I. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi secara langsung pada saat pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dan pengambilan nilai pada tiap akhir siklus. Pengelolaan data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari pengolahan data digunakan untuk menggambarkan ketercapaian tindakan terhadap peningkatan pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian siklus I ketuntasan belajar mencapai 66%. Sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 96,7 %. Dari hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pelajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan dilingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Al-Qur’an Hadits; Menghafal Al-Qur’an; Metode Demonstrasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1229 Individual Suras and Groups of Suras
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 28 May 2014 09:33
Last Modified: 28 May 2014 09:33
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2120

Actions (login required)

View Item View Item