Telaah psikologis metode pendidikan akhlak anak dalam keluarga

Aiman, Ummu (2011) Telaah psikologis metode pendidikan akhlak anak dalam keluarga. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63111078-Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (892kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111078-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111078-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111078-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111078-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111078-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111078-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (28kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas telaah psikologis metode pendidikan akhlak anak dalam keluarga. Kajian dilatar belakagi oleh tanggung jawab keluarga sebagai lembaga pendidikan, khususnya pendidikan akhlak yang harus ditanamkan sejak dini kepada anak, bahkan jauh sebelum anak itu dilahirkan hingga ia mencapai dewasa. Karena ketidak berdayaan anak, terutama pada masa kecil membuatnya lebih banyak menerima dan tergantung kepada orang yang ada disekitarnya, bukan semata-mata secar fisik, melainkan secara psikis. Setudi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana tanggung jawab keluarga dalam pendidikan akhlak anak? (2) Metode apa saja yang dapat digunakan dalam pendidikan akhlak anak? (3) Bagaimana metode pendidikan akhlak anak dalam keluarga ditinjau dari segi psikologisnya? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi pustaka (library research). Dalam hal ini peneliti mencoba menelaah buku-buku yang berhubungan dengan metode pendidikan, khususnya mengenai pendidikan anak. Dengan menggunakan tehnik analisis deskriftif dan kerangka berfikir deduktif yang digunakan untuk mendiskripsikan atau menjelaskan metode pendidikan akhlak anak. Kemudian penulis mencoba menelaah metode-metode tersebut dari sisi psikologis. Kajian ini menunjukan bahwa: (1) Keluarga memiliki tanggung jawab yang besar untuk memelihara anggota keluarganya. Karena keluarga sebagai pemberi informasi awal terhadap pendidikan anak, khususnya mengenai akhlak. Orang tua juga harus bisa membentuk lingkungan yang dapat dijadikan teladan bagi anaknya, karena seorang anak akan dapat belajar banyak dari interaksi yang ada dengan melalui imitasi dan atribusi.Untuk merealisasikan peran dan fungsi keluarga tersebut maka harus ada interaksi edukatif di dalamnya. (2) Ketepatan sebuah metode merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan sebuah pendidikan yang sedang dilaksanakan. Metode yang dimaksud disini adalah suatu cara yang dapat digunakan dalam mendidik akhlak anak, dengan harapan agar anak nantinya memiliki akhlak yang baik sesuai dengan nilai-nilai masyarakat dan agama. Diantaranya: metode keteldanan, metode kebiasaan, metode nasihat, metode pehatian dan metode hukuman. (3) Permasalahan pokok yang terkait dengan pendidikan akhlak anak adalah keluarga sebagai institusi pertama yang sangat berperan dalam pembentukan kepribadian dan tingkah laku anak. Untuk itu diperlukan pemahaman orang tua terhadap kondisi psikologi anak yang terkadang luput dari perhatian orang tua. Hal yang wajib diperhatikan dalam mendidik anak adalah bersikap penuh kasih sayang, lembut dan diiringi dengan rasa cinta sehingga dalam memberikan pendidikan orang tua mampu menahan emosi untuk tidak memberi hukuman yang bersifat badaniah kepada anak

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak; Metode Pendidikan; Aspek Psikologis
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 28 May 2014 09:35
Last Modified: 28 May 2014 09:35
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2122

Actions (login required)

View Item View Item