Komparasi hasil belajar antara menggunakan media lingkungan sekitar sekolah dengan pemutaran film pada materi pokok ekosistem kelas VII di MTs NU Nurul Huda Semarang
Wakidah, Nur (2011) Komparasi hasil belajar antara menggunakan media lingkungan sekitar sekolah dengan pemutaran film pada materi pokok ekosistem kelas VII di MTs NU Nurul Huda Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63811025_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
63811025_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (18kB) | Preview
63811025_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (263kB) | Preview
63811025_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (101kB) | Preview
63811025_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (97kB) | Preview
63811025_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (10kB) | Preview
63811025_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (10kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Hasil belajar dengan menggunakan media lingkungan sekitar sekolah pada materi pokok ekosistem Kelas VII di MTs NU Nurul Huda Semarang. 2). Hasil belajar dengan audio visual pada materi pokok ekosistem Kelas VII di MTs NU Nurul Huda Semarang, dan 3). Perbedaan hasil belajar antara menggunakan media lingkungan sekitar sekolah dengan audio visual pada materi pokok ekosistem Kelas VII di MTs NU Nurul Huda Semarang.
Skripsi ini tergolong dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental yaitu dengan penyelidikan alamiah yang menuntut peneliti memanipulasi mengendalikan satu atau lebih variabel, untuk melihat perbedaan yang sesuai dengan manipulasi variabel tersebut. Design eksperimen dalam penelitian ini adalah pre test dan post test.
Dari hasil penelitian biologi pada materi pokok ekosistem kelas VII di MTs NU Nurul Huda Semarang, didapatkan hasil bahwa: nilai rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen (media lingkungan sekitar sekolah) pre test adalah 55,80 dan post test adalah 69,65. Dan kelas kontrol (audio visual) pre test adalah 46,05 dan post test adalah 53,55. Sehingga dapat diketahui adanya perbedaan hasil belajar anatr menggunakan media lingkungan sekitar sekolah dengan audio visual pada materi pokok ekosistem kelas VII di MTs NU Nurul Huda Semarang,.
Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan rata-rata (uji t-test) pihak kanan diperoleh t hitung = 8,435 dan t tabel = 1,99. Karena t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, terlihat dari hasil belajar dari kedua kelompok tersebut terdapat perbedaan secara signifikan. Maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar antara menggunakan media lingkungan sekitar sekolah lebih baik dibandingkan dengan menggunakan audio visual pada materi pokok ekosistem di MTs NU Nurul Huda Semarang.
Dengan demikian, diharapkan dari hasil penelitian ini akan bisa memberikan sumbangsih dalam pemanfaatan penggunaaan media pendidikan, serta informasi sekaligus masukan bagi civitas akademika Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo khususnya dan segenap praktisi pendidikan pada umumnya, guna menciptakan satu pola pendidikan yang senantiasa sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; Hasil Belajar; Biologi; Ekosistem |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 577 Ecology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 13 Jun 2014 08:42 |
Last Modified: | 24 May 2021 03:37 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2199 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year