Komparasi hasil belajar antara menggunakan media lingkungan sekitar sekolah dengan pemutaran film pada materi pokok ekosistem kelas VII di MTs NU Nurul Huda Semarang

Wakidah, Nur (2011) Komparasi hasil belajar antara menggunakan media lingkungan sekitar sekolah dengan pemutaran film pada materi pokok ekosistem kelas VII di MTs NU Nurul Huda Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63811025_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811025_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811025_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811025_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811025_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811025_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811025_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Hasil belajar dengan menggunakan media lingkungan sekitar sekolah pada materi pokok ekosistem Kelas VII di MTs NU Nurul Huda Semarang. 2). Hasil belajar dengan audio visual pada materi pokok ekosistem Kelas VII di MTs NU Nurul Huda Semarang, dan 3). Perbedaan hasil belajar antara menggunakan media lingkungan sekitar sekolah dengan audio visual pada materi pokok ekosistem Kelas VII di MTs NU Nurul Huda Semarang. Skripsi ini tergolong dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental yaitu dengan penyelidikan alamiah yang menuntut peneliti memanipulasi mengendalikan satu atau lebih variabel, untuk melihat perbedaan yang sesuai dengan manipulasi variabel tersebut. Design eksperimen dalam penelitian ini adalah pre test dan post test. Dari hasil penelitian biologi pada materi pokok ekosistem kelas VII di MTs NU Nurul Huda Semarang, didapatkan hasil bahwa: nilai rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen (media lingkungan sekitar sekolah) pre test adalah 55,80 dan post test adalah 69,65. Dan kelas kontrol (audio visual) pre test adalah 46,05 dan post test adalah 53,55. Sehingga dapat diketahui adanya perbedaan hasil belajar anatr menggunakan media lingkungan sekitar sekolah dengan audio visual pada materi pokok ekosistem kelas VII di MTs NU Nurul Huda Semarang,. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan rata-rata (uji t-test) pihak kanan diperoleh t hitung = 8,435 dan t tabel = 1,99. Karena t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, terlihat dari hasil belajar dari kedua kelompok tersebut terdapat perbedaan secara signifikan. Maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar antara menggunakan media lingkungan sekitar sekolah lebih baik dibandingkan dengan menggunakan audio visual pada materi pokok ekosistem di MTs NU Nurul Huda Semarang. Dengan demikian, diharapkan dari hasil penelitian ini akan bisa memberikan sumbangsih dalam pemanfaatan penggunaaan media pendidikan, serta informasi sekaligus masukan bagi civitas akademika Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo khususnya dan segenap praktisi pendidikan pada umumnya, guna menciptakan satu pola pendidikan yang senantiasa sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Hasil Belajar; Biologi; Ekosistem
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 577 General nature of life
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 13 Jun 2014 08:42
Last Modified: 13 Jun 2014 08:42
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2199

Actions (login required)

View Item View Item