Analisis penilaian guru terhadap buku ajar biologi kelas X semester genap di Madrasah Aliyah (MA) kabupaten Kendal tahun pelajaran 2010/2011

Wahyono, Budi (2011) Analisis penilaian guru terhadap buku ajar biologi kelas X semester genap di Madrasah Aliyah (MA) kabupaten Kendal tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63811027_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811027_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811027_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811027_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811027_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811027_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811027_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penilaian guru terhadap status isi dari buku ajar biologi kelas X semester genap di Madrasah Aliyah (MA) Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2010/2011. Kajiannya dilatarbelakangi oleh keberagaman guru dalam pemilihan buku ajar yang digunakan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana penilaian guru terhadap buku ajar biologi kelas X semester genap yang banyak digunakan di Madrasah Aliyah (MA) se-Kabupaten Kendal? (2) Apa saja kekurangan dan kelebihan pada buku ajar biologi kelas X semester genap yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MA se-Kabupaten Kendal. Tiap (MA) diambil satu guru Guru biologi kelas X sebagai responden. Datanya diperoleh dengan cara observasi lapangan, angket dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan analisis kualitatif deskriptif menggunakan logika induktif. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penilaian guru terhadap buku ajar biologi kelas X semester genap di Madrasah Aliyah (MA) se-Kabupaten Kendal didapatkan hasil rata-rata presentase akhir 79,83% dengan kriteria sesuai. Dapat diambil simpulan bahwa buku ajar biologi kelas X semester genap yang banyak digunakan di Madrasah Aliyah (MA) se- Kabupaten Kendal menurut responden dari guru-guru Madrasah Aliyah (MA) se-Kabupaten Kendal telah sesuai dengan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2) Kekurangan dan kelebihan pada buku ajar biologi kelas X semester genap yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar didapatkan empat katagori, yaitu berdasarkan isi: buku sulit untuk di pahami peserta didik, berdasarkan kebahasaan: bahasa terlalu tinggi untuk dipahami peserta didik, berdasarkan penyajian: kurang pangayaan soal dan latihan, berdasarkan kegrafikan: buku kurang sistematis merupakan kekurangan-kekurangan yang dikeluhkan oleh guru biologi, ini menunjukkan bahwa masih ada kekurangan pada kualitas buku ajar, baik dari isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan yang beredar di Madrasah Aliyah Kabupaten Kendal. Kelebihannya juga dibagi menjadi empat katagori, yaitu berdasarkan isi: cakupan materi buku lengkap dan keluasan serta kedalaman materi sesuai dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD), berdasarkan kebahasaan: bahasa komunikatif dan ada buku yang sudah bilingual, berdasarkan penyajian: gambar jelas dan berwarna, berdasarkan kegrafikan : kertas bagus dan tampilan luar buku menarik. Kelebihan-kelebihan buku yang dipaparkan oleh guru-guru biologi kelas X di Madrasah Aliyah (MA) se-Kabupaten Kendal pada intinya sudah merujuk pada standar yang ada pada Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Buku Ajar; Biologi; Madrasah Aliyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 13 Jun 2014 08:45
Last Modified: 13 Jun 2014 08:45
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2201

Actions (login required)

View Item View Item