Implementasi model pembelajaran everyone is a teacher here untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MDA NU 03 Al-ITQON Kebonharjo kec. Patebon kab. Kendal dalam materi pokok hukum mim sukun

Sodiq, Achmad Noer (2011) Implementasi model pembelajaran everyone is a teacher here untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MDA NU 03 Al-ITQON Kebonharjo kec. Patebon kab. Kendal dalam materi pokok hukum mim sukun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 73111173_coverdll.pdf]
Preview
Text
73111173_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 73111173_bab1.pdf]
Preview
Text
73111173_bab1.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of 73111173_bab2.pdf]
Preview
Text
73111173_bab2.pdf - Accepted Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 73111173_bab3.pdf]
Preview
Text
73111173_bab3.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 73111173_bab4.pdf]
Preview
Text
73111173_bab4.pdf - Accepted Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 73111173_bab5.pdf]
Preview
Text
73111173_bab5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 73111173_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73111173_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menerapkan model pembelajaran Everyone is a Teacher Here (setiap murid sebagai guru) dalam pembelajaran tajwid materi pokok hukum mim sukun. (2) meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MDA NU 03 AL-ITQON Kebonharjo Kec. Patebon Kab. Kendal dalam materi pokok hukum mim sukun.
Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan kegiatan yaitu: (1) Perencanaan (planneng), (2) Pelaksanaan (acting), (3) Pengamatan (observing) dan (4) Refleksi (reflecting). Penelitian Tindakan Kelas ini dipilih sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MDA NU 03 AL-ITQON Kebonharjo Kec. Patebon Kab. Kendal dalam materi materi pokok hukum mim sukun dengan fokus penerapan model pembelajaran Everyone is a Teacher Here.
Sebagai indikator meningkatnya hasil belajar peserta didik dalam materi pokok hukum mim sukun adalah meningkatnya hasil belajar peserta didik yang tuntas belajarnya dari KKM yang ditetapkan 6,00, 85% dari jumlah peserta yang tuntas memperoleh nilai lebih besar atau sama 7. Data yang didapatkan adalah data kuantitatif dari hasil tes peserta didik.
Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MDA NU 03 AL-ITQON Kebonharjo Kec. Patebon kab. Kendal dalam materi pokok hukum mim sukun, terbukti dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik saat menjawab soal tes pada setiap siklusnya.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi siswa, para tenaga pendidik, para peneliti dan semua pihak yang terkait dengan pendidikan Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Hasil Belajar; Ilmu Tajwid
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 21 Jun 2014 01:22
Last Modified: 21 Jun 2014 01:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2233

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics