Peningkatan prestasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran partisipatif pada mata pelajaran Fiqih peserta didik kelas V MIN Kalibuntu Wetan kabupaten Kendal tahun pelajaran 2010/2011

Ikhsan, Moh Nur (2011) Peningkatan prestasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran partisipatif pada mata pelajaran Fiqih peserta didik kelas V MIN Kalibuntu Wetan kabupaten Kendal tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73111928_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111928_bab1.pdf - Accepted Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111928_bab2.pdf - Accepted Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111928_bab3.pdf - Accepted Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111928_bab4.pdf - Accepted Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111928_bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111928_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peningkatan prestasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran partisipatif pada mata pelajaran Fiqih peserta didik kelas V MIN Kalibuntu Wetan Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011, 2) Relevansi penggunaan model pembelajaran partisipatif dalam pembelajaran fiqih kelas V dengan peningkatan prestasi belajar peserta didik di MIN Kalibuntu Wetan Kabupaten Kendal, 3) Hasil prestasi peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran partisipatif. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas atau PTK. Yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskripsi berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati. Sedangkan jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian lapangan (field study) dengan maksud untuk mempelajari tentang kondisi sesungguhnya pada saat pengamatan dan adanya hubungan timbal balik antara pendidik dengan peserta didiknya. Subjek penelitian adalah peseta didik kelas V MIN Kalibuntu Wetan Kabupaten Kendal, menggunakan teknik analisis kualitatif, yaitu data dianalisis dengan metode deskripsi, dimana sebelum penelitian dimulai, penulis mengumpulkan fakta empiris terlebih dahulu. Adapun langkah-langkah untuk menganalisis data yaitu dengan reduksi data, mengkaji data, dan verifikasi data. Hasil Penelitian berupa penggunaan model pembelajaran partisipatif dalam pembelajaran fiqih dengan peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas V MIN Kalibuntu Wetan Kabupaten Kendal dilaksanakan oleh guru mata pelajaran fiqih saja. Penggunaan model pembelajaran partisipatif dalam pembelajaran fiqih ini melalui tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi serta evaluasi. Pelaksanaan tahapan-tahapan tersebut berlangsung selama tiga kali yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Pra siklus adalah pengamatan awal untuk mengetahui kondisi belajar peserta didik sebelum digunakannya model pembelajaran partisipatif, Siklus I adalah pelaksanaan awal untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan prestasi siswa untuk yang pertama kalinya dengan menerapkan model pembelajaran partisipatif, sedangkan siklus ke II merupakan pelaksanaan ulang untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan prestasi. Dari tiga siklus yang dilaksanakan, pra siklus mendapat nilai rata-rata 70 dengan ketuntasan belajar 33 %, siklus I memperoleh nilai rata-rata 73 dengan ketuntasan belajar 70 %, dan untuk siklus II mendapat nilai rata-rata 77 dengan ketuntasan belajar 100 %. Sebagai tolok ukur prestasi adalah KKM yaitu 72.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Fiqih; Prestasi Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Jun 2014 09:03
Last Modified: 23 Jun 2014 09:03
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2252

Actions (login required)

View Item View Item