Upaya meningkatkan prestasi belajar SKI materi pokok mengenal dakwah Nabi Muhammad saw dan sahabatnya melalui Metode Index Card Match pada peserta didik kelas IV MI Hidayatul Mujahidin Jembayat Margasari Tegal tahun 2010

Erfiyani, Evy (2011) Upaya meningkatkan prestasi belajar SKI materi pokok mengenal dakwah Nabi Muhammad saw dan sahabatnya melalui Metode Index Card Match pada peserta didik kelas IV MI Hidayatul Mujahidin Jembayat Margasari Tegal tahun 2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73111513_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111513_bab1.pdf - Accepted Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111513_bab2.pdf - Accepted Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111513_bab3.pdf - Accepted Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111513_bab4.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111513_bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111513_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan prestasi belajar SKI materi pokok mengenal dakwah nabi Muhammad SAW dan sahabatnya melalui metode index card match pada peserta didik kelas IV MI Hidayatul Mujahidin Jembayat Margasari Tegal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Hidayatul Mujahidin Jembayat Margasari Tegal yang berjumlah 19 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 9 perempuan. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus mencakup empat tahapan kegiatan yaitu (1) Perencanaan (planning) (2) Pelaksanaan tindakan (acting) (3) Pengamatan (observing) dan (4) Refleksi (reflecting). Dengan teknik analisis statistik deskriptif. Penelitian Tindakan Kelas dipilih sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar SKI di kelas dengan fokus menerapkan metode index card match. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas IV MI Hidayatul Mujahidin Jembayat Margasari Tegal mengalami peningkatan yang cukup signifikan setelah diberikan tindakan berupa penerapan metode index cart match pada pembelajaran SKI materi pokok mengenal dakwah Nabi Muhammad saw dan sahabatnya. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata kelas dan ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebelum dilakukan tindakan dan setelah pelaksanaan tindakan. Para pra siklus nilai rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 62 dengan ketuntasan klasikal sebesar 52,63%. Sedangkan pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 73 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 84,21%. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat lagi menjadi 78 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 100%. Disamping itu keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan metode index cart match ini juga meningkat pesat setelah diberikan tindakan. Peningkatan ini dapat diidentifikasi dari aktifitas peserta didik yang diamati seperti tingkat kerja sama peserta didik dengan teman sekelas, keaktifan mencari pasangan kartu, menjawab atau mengemukakan pendapat, memperhatikan penjelasan dari guru dan mengajukan pertanyaan. Beberapa aspek tersebut mengalami peningkatan tiap siklusa. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode index card match dalam pembelajaran SKI benar terbukti dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Metode Index Card Match; Prestasi Belajar; Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Jun 2014 04:38
Last Modified: 24 Jun 2014 04:38
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2263

Actions (login required)

View Item View Item