Studi komparasi kemandirian belajar mata pelajaran aqidah akhlak antara yang tinggal di pesantren dan di rumah siswa MTs Nurul Ulum Welahan Jepara tahun pelajaran 2010/2011

Solikhati, Solikhati (2011) Studi komparasi kemandirian belajar mata pelajaran aqidah akhlak antara yang tinggal di pesantren dan di rumah siswa MTs Nurul Ulum Welahan Jepara tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73111548_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111548_bab1.pdf - Accepted Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111548_bab2.pdf - Accepted Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111548_bab3.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111548_bab4.pdf - Accepted Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111548_bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111548_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; 1) Bagaimana kemandirian belajar mata pelajaran aqidah akhlak siswa yang tinggal di pesantren di MTs. Nurul Ulum Welahan (X); 2) Bagaimana kemandirian belajar mata pelajaran aqidah akhlak siswa yang tinggal di rumah di MTs. Nurul Ulum Welahan (Y); 3) Apakah terdapat perbedaan kemandirian belajar mata pelajaran aqidah akhlak antara siswa yang tinggal di pesantren (X) dan kemandirian belajar siswa yang tinggal di rumah (Y) di MTs. Nurul Ulum Welahan. Penelitian ini menggunakan metode field research dengan teknik komparasi. Subyek penelitian sebanyak 70 responden yang meliputi 35 sampel siswa yang tinggal di pesantren dan 35 sampel siswa yang tinggal di rumah dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk mengambil data X dan data Y. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis komparasi dengan rumus statistik independent t-test. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kemandirian belajar mata pelajaran aqidah akhlak siswa yang tinggal di pesantren termasuk kategori cukup. Hal tersebut berdasarkan analisis data mengenai hasil jawaban angket siswa yang tinggal di pesantren dengan nilai rata-rata 63,4 dan berada pada interval nilai 63 – 65. (2) Kemandirian belajar mata pelajaran aqidah akhlak siswa yang tinggal di rumah termasuk kategori cukup. Hal tersebut berdasarkan analisis data mengenai hasil jawaban angket siswa yang tinggal di rumah dengan nilai rata-rata 59,94 dan berada pada interval nilai 54 – 60. (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar mata pelajaran aqidah akhlak siswa MTs. Nurul Ulum Welahan yang tinggal di pesantren dan yang tinggal di rumah. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji hipotesis yang menunjukkan hasil signifikansi, nilai t – hitung (2,908) lebih besar dari nilai t – tabel, baik dalam taraf 5 % yakni sebesar 2,00 maupun dalam taraf signifikansi 1 % yakni sebesar 2,65 dengan dk = 68

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aqidah Akhlak; Kemandirian Belajar; Pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Jun 2014 04:59
Last Modified: 24 Jun 2014 04:59
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2275

Actions (login required)

View Item View Item