Studi komparasi antara pembelajaran dengan metode demonstrasi dan pembelajaran dengan media film terhadap hasil belajar IPA terpadu materi pemisahan campuran pada siswa kelas VII MTs Bustanul – Ulum Pati

Musa’adah, Zuli Hanik (2011) Studi komparasi antara pembelajaran dengan metode demonstrasi dan pembelajaran dengan media film terhadap hasil belajar IPA terpadu materi pemisahan campuran pada siswa kelas VII MTs Bustanul – Ulum Pati. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73711001_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73711001_bab1.pdf - Accepted Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73711001_bab2.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
73711001_bab3.pdf - Accepted Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73711001_bab4.pdf - Accepted Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73711001_bab5.pdf - Accepted Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73711001_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Skripsi Semarang: progam strata 1 jurusan kimia IAIN Walisongo Semarang, 2011. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah terdapat perbedaan hasil belajar IPA Terpadu materi pemisahan campuran antara siswa yang pembelajarannya menggunakan metode demonstrasi dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan media film pada siswa kelas VII MTs. Bustanul – Ulum Pati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar IPA Terpadu materi pemisahan campuran antara siswa yang pembelajarannya menggunakan metode demonstrasi dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan media film pada siswa kelas VII semester gasal MTs. Bustanul – Ulum Pati. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, sedangkan sampelnya adalah kelas VIIA terdiri dari 36 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan VIIB terdiri 36 siswa sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. Analisa data terdiri atas : uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir (postest) kelas eksperimen 1 adalah 77,9 dan kelas eksperimen 2 adalah 71,8, sehingga dapat disimpulkan penggunaan metode demonstrasi lebih baik dari pada penggunaan media film. Berdasarkan rata - rata hasil observasi ranah psikomotorik kelas eksperimen 1 adalah 78,1 dan kelas eksperimen 2 adalah 66,7. Dapat disimpulkan pembelajaran pada kelas eksperimen 1 dengan menggunakan metode demonstrasi lebih baik dibandingkan pembelajaran pada kelas eksperimen 2 dengan menggunakan media film. Berdasarkan hasil keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa “hasil belajar dengan pembelajaran menggunakan metode demonstrasi lebih baik dibandingkan pembelajaran menggunakan media film pada siswa kelas VII MTs. Bustanul - Ulum Pati.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Demonstrasi; Media Film; IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Kimia
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 14 Jul 2014 05:58
Last Modified: 14 Jul 2014 05:58
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2358

Actions (login required)

View Item View Item