Studi komparasi antara pembelajaran dengan metode demonstrasi dan pembelajaran dengan media film terhadap hasil belajar IPA terpadu materi pemisahan campuran pada siswa kelas VII MTs Bustanul – Ulum Pati
Musa’adah, Zuli Hanik (2011) Studi komparasi antara pembelajaran dengan metode demonstrasi dan pembelajaran dengan media film terhadap hasil belajar IPA terpadu materi pemisahan campuran pada siswa kelas VII MTs Bustanul – Ulum Pati. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73711001_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (618kB) | Preview
73711001_bab1.pdf - Accepted Version
Download (26kB) | Preview
73711001_bab2.pdf - Accepted Version
Download (2MB) | Preview
73711001_bab3.pdf - Accepted Version
Download (111kB) | Preview
73711001_bab4.pdf - Accepted Version
Download (98kB) | Preview
73711001_bab5.pdf - Accepted Version
Download (15kB) | Preview
73711001_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (15kB) | Preview
Abstract
Skripsi Semarang: progam strata 1 jurusan kimia IAIN Walisongo Semarang, 2011. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah terdapat perbedaan hasil belajar IPA Terpadu materi pemisahan campuran antara siswa yang pembelajarannya menggunakan metode demonstrasi dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan media film pada siswa kelas VII MTs. Bustanul – Ulum Pati.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar IPA Terpadu materi pemisahan campuran antara siswa yang pembelajarannya menggunakan metode demonstrasi dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan media film pada siswa kelas VII semester gasal MTs. Bustanul – Ulum Pati. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, sedangkan sampelnya adalah kelas VIIA terdiri dari 36 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan VIIB terdiri 36 siswa sebagai kelas eksperimen 2.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. Analisa data terdiri atas : uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t.
Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir (postest) kelas eksperimen 1 adalah 77,9 dan kelas eksperimen 2 adalah 71,8, sehingga dapat disimpulkan penggunaan metode demonstrasi lebih baik dari pada penggunaan media film. Berdasarkan rata - rata hasil observasi ranah psikomotorik kelas eksperimen 1 adalah 78,1 dan kelas eksperimen 2 adalah 66,7. Dapat disimpulkan pembelajaran pada kelas eksperimen 1 dengan menggunakan metode demonstrasi lebih baik dibandingkan pembelajaran pada kelas eksperimen 2 dengan menggunakan media film. Berdasarkan hasil keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa “hasil belajar dengan pembelajaran menggunakan metode demonstrasi lebih baik dibandingkan pembelajaran menggunakan media film pada siswa kelas VII MTs. Bustanul - Ulum Pati.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Demonstrasi; Media Film; IPA |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 14 Jul 2014 05:58 |
Last Modified: | 14 Jul 2014 05:58 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2358 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year