Efektivitas penggunaan metode diskusi dengan media ajar jenis leaflet dalam meningkatkan hasil belajar biologi materi pokok sistem pancernaan pada manusia pada siswa kelas XI SMA Sultan Fatah Wedung Demak tahun pelajaran 2010/2011

Khumaidah, Khumaidah (2011) Efektivitas penggunaan metode diskusi dengan media ajar jenis leaflet dalam meningkatkan hasil belajar biologi materi pokok sistem pancernaan pada manusia pada siswa kelas XI SMA Sultan Fatah Wedung Demak tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73811032_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73811032_bab1.pdf - Accepted Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73811032_bab2.pdf - Accepted Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73811032_bab3.pdf - Accepted Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73811032_bab4.pdf - Accepted Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73811032_bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73811032_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah menggunakan metode diskusi dengan media ajar jenis leaflet itu efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Sultan Fatah Wedung Demak pada materi pokok sistem pencernaan pada manusia. Penilitian ini menggunakan metode eksperimen yang didesain dengan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dari penelitian ini adalah semua kelas XI SMA Sultan Fatah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi untuk memperoleh data nama peserta didik dan nilai ulangan untuk mengetahui normalitas dan homogenitas sampel, metode tes untuk memperoleh data nilai hasil belajar biologi dengan jumlah 20 butir. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Data awal dalam penelitian ini adalah nilai ulangan peserta didik kelas XI semester 1 pada materi pokok sistem peredaran darah pada manusia dari data tersebut diperoleh kedua kelompok baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol mempunyai varians dan rata-rata yang sama secara statistik . setelah kelompok eksperimen diberi perlekuan dan kelompok kontrol dengan tetap menggunakan pembelajaran konvensional, kemudian kedua kelompok diberi tes. Berdasarkan hasil tes pada kedua kelompok, diperoleh rata-rata nilai kelompok kontrol 61,2500 dan rata-rata kelompok eksperimen 70,7813. Berdasatkan uji perbedaan rata-rata dengan uji fihak kiri diperoleh thit=3.9693 sedangkan ttab=1.697, jadi nilai thitung>ttabel sehingga nilai Ho diterima. Dengan kata lain rata-rata hasil ulangan dari kelompok eksperimen lebih baik dari nilai sebelumnya yaitu materi dan nilai hasil ulangan pada kelompok kontrol pada materi pokok sistem pencernaan pada manusia. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode diskusi dengan media ajar jenis leaflet efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa . Utuk itu peneliti menyarankan agar pembelajaran dengan metode diskusi dapat diterapkan serta dikembangkan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran biologi khususnya dan pembelajaran lain pada umumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Media Pembelajaran; Leaflet; Hasil Belajar; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 14 Jul 2014 07:09
Last Modified: 14 Jul 2014 07:09
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2367

Actions (login required)

View Item View Item