Upaya meningkatkan motivasi belajar fiqh melalui model pembelajaran quantum teaching bagi siswa kelas IV MI Nurul Huda Raji kecamatan Demak tahun 2010

Robiatul Adawiyah, Wiwik (2011) Upaya meningkatkan motivasi belajar fiqh melalui model pembelajaran quantum teaching bagi siswa kelas IV MI Nurul Huda Raji kecamatan Demak tahun 2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111260-COVER.pdf - Accepted Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111260-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111260-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111260-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111260-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111260-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111260-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1) Bagaimana proses belajar-mengajar mata pelajaran fiqh dengan menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching di Kelas IV MI Nurul Huda Raji Tahun 2011 ? 2) Apakah pembelajaran fiqh dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching di Kelas IV MI Nurul Huda Raji Tahun 2011 dapat meningkatkan motivasi ?. Adapun tujuan yang menjadi kajian peneliti, yaitu: 1) Untuk menggambarkan proses pembelajaran fiqh dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching di Kelas IV MI Nurul Huda Raji Tahun 2011.2) Untuk mengetahui ada atau tidak adanya pembelajaran fiqh dengan model pembelajaran Quantum Teaching di Kelas IV MI Nurul Huda Raji Tahun 2011 dalam peningkatan motivasi. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui Model dokumentasi, Model observasi dan Model tes. Indikator kinerja penelitian berupa tercapainya ketuntasan belajar secara indiviual dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan : 1) bahwa pembelajaran Fiqh dengan menerapkan model Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar. Pembelajaran dengan menerapkan metode Quantum Teaching berdampak positif bagi siswa yaitu siswa menjadi aktif dalam mengikuti pembelajaran, karena pengalaman dan percobaan langsung siswa akan berpengaruh besar terhadap hasil belajar, membuat guru untuk lebih menguasai materi karena guru sebagai fasilitator harus menguasai materi dan mampu mengembangkannya serta guru sebagai motivator yang mampu memotivasi siswa untuk mengekspresikan gagasan-gagasannya dan menyediakan kesempatan dan pengalaman yang mendukung proses belajar. 2) Model Quantum Teaching berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas IV MI Nurul Huda Raji Kecamatan Demak Kabupaten Demak hal ini dapat dilihat dari hasil siklus I menunjukkan Indikator motivasi hasrat dan keinginan berhasil 70%, Adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar 60 %, Adanya harapan dan cita-cita di masa depan 70 %, Adanya penghargaan dalam belajar 80%, Adanya kegiatan yang menarik dalam belajar 60% dan Adanya lingkungan belajar yang kondusif sehingga memungkinkan siswa belajar dengan baik sebesar 70% sedangkan Hasil siklus II menunjukkan Indikator motivasi hasrat dan keinginan berhasil 90%, Adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar 80 %, Adanya harapan dan cita-cita di masa depan 85 %, Adanya penghargaan dalam belajar 80%, Adanya kegiatan yang menarik dalam belajar 90% dan Adanya lingkungan belajar yang kondusif sehingga memungkinkan siswa belajar dengan baik sebesar 85%. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan IAIN Walisongo Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar; Model Pembelajaran; Quantum Teaching; Fiqh
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 08 Jul 2014 06:53
Last Modified: 08 Jul 2014 06:53
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2406

Actions (login required)

View Item View Item