Upaya meningkatkan kemampuan shalat siswa kelas VII MTs Ar Rahmat Kendal melaui modifikasi metode demonstrasi dan reading aloud tahun ajaran 2010/2011

Wibowo, Arif (2011) Upaya meningkatkan kemampuan shalat siswa kelas VII MTs Ar Rahmat Kendal melaui modifikasi metode demonstrasi dan reading aloud tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093111264-COVER.pdf]
Preview
Text
093111264-COVER.pdf - Accepted Version

Download (600kB) | Preview
[thumbnail of 093111264-Bab1.pdf]
Preview
Text
093111264-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 093111264-Bab2.pdf]
Preview
Text
093111264-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 093111264-Bab3.pdf]
Preview
Text
093111264-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 093111264-Bab4.pdf]
Preview
Text
093111264-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 093111264-Bab5.pdf]
Preview
Text
093111264-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 093111264-Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111264-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana skenario pembelajaran mata pelajaran Fikih materi shalat fardhu di M.Ts. Ar Rahmat Kendal melalui modifikasi metode demonstrasi dan reading aloud (2) Apakah melalui modifikasi metode demonstrasi dan reading aloud dapat meningkatkan kemampuan shalat siswa kelas VII M.Ts. Ar Rahmat Kendal tahun ajaran 2010/2011.
Pembelajaran shalat fardhu dengan menggunakan modifikasi metode demonstrasi dan reading aloud ini merupakan inovasi baru yang dilakukan di sekolah ini. Karena biasanya hanya disampaikan dengan metode ceramah. Akhirnya hasil belajar siswa kurang optimal. Kemudian diterapkannya kedua modifikasi metode ini, membuat pembelajaran semakin menarik. Kedua metode ini membuat siswa dalam pembelajaran ikut aktif dan tidak sekedar mengikuti pembelajaran saja. Sehingga tidak memberi kesempatan siswa untuk tidak fokus terhadap proses pembelajaran. Dengan melihat guru mendemonstrasikan shalat, siswa dengan melihat secara langsung urutan dan cara yang benar dalam melakukan shalat. Baik dalam melakukan gerakannya ataupun dalam membacakan bacaan-bacaan yang ada dalam shalat. Karena shalat bukan sekedar gerakan saja, maka bacaannya pun harus dibacakan dengan benar. Sehingga peneliti menggunakan formula membacakan bacaan-bacaan shalat dengan keras. Diharap dengan dibaca dengan keras bisa dideteksi katika membaca salah dan cepat dibenarkan. Sehingga kesalahan-kesalahan cepat teratasi.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dengan hasil : (1) Mean (nilai rata-rata) dari hasil pra siklus, siklus I dan siklus II dibandingkan secara keseluruhan. (2) Mean (nilai rata-rata) dari hasil tes praktik shalat siswa, baik dari gerakan maupun bacaannya dibandingkan untuk mengetahui apakah ada kenaikan hasil praktik dari tahap pertahap. Sehingga akan diketahui apakah hipotesis yang diajukan benar atau ditolak.
Kemudian untuk mengetahui benar tidaknya hipotesis yang diajukan maka dapat dilihat dari perbandingan hasil praktik siswa antara pra siklus yaitu 68,17, sedangkan pada hasil praktik shalat pada siklus I adalah 75,3, dan hasil praktik shalat pada siklus II adalah 85,1. Dari hasil ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan diterima yang berbunyi bahwa kemampuan shalat siswa kelas VII pada bahasan shalat fardhu akan meningkat jika diterapkan dengan menggunakan modifikasi metode demonstrasi den reading aloud di M.Ts. Ar Rahmat Kendal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Demonstrasi; Reading Aloud; Shalat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jul 2014 05:39
Last Modified: 07 Jul 2014 05:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2409

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics