Implementasi pembelajaran fiqih kelas V semester 2 dengan pendekatan active knowledge sharing untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di MI Al Wathoniyah 02 Siandong Larangan Brebes tahun ajaran 2010/2011

Asrori, Asrori (2011) Implementasi pembelajaran fiqih kelas V semester 2 dengan pendekatan active knowledge sharing untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di MI Al Wathoniyah 02 Siandong Larangan Brebes tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111278-COVER.pdf - Accepted Version

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111278-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111278-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111278-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111278-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111278-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111278-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester 2 MI Al Wathoniyah 02 Siandong Larangan Brebes Tahun Ajaran 2010/2011 melalui pembelajaran aktif dengan pendekatan active knowledge sharing. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terlaksana dalam 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Partisipan dalam penelitian adalah guru mata pelajaran fiqih dan siswa kelas kelas V semester 2 MI Al Wathoniyah 02 Siandong Larangan Brebes. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil pengamatan yang dilakukan ketika tindakan dilaksanakan, hasil wawancara dengan guru dan siswa, tes, dan dilengkapi dengan data keaktifan siswa melalui LOS. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut: (1) Pembelajaran fiqih dengan bantuan kolaborator yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dilaksanakan dengan 5 aspek keaktifan siswa yaitu: (a) peserta didik bekerjasama dalam kelompoknya; (b) peserta didik antusias dalam mengerjakan tugas individu; (c) peserta didik aktif dalam mengeluarkan pendapat selama pembelajaran berlangsung; (d) peserta didik sering bertanya kepada teman; (e) peserta didik mau menghargai pendapat orang lain. Adapun implementasinya yaitu: (a) peneliti menjelaskan kompetensi yang dicapai serta manfaat dari proses pembelajaran; (b) siswa dibagi dalam beberapa team; (c) siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas; (d) pemberian tes kepada siswa secara individu berbentuk soal pilihan ganda yang memuat materi yang dipelajari. (2) Berdasarkan hasil pengamatan, ada peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran fiqih dengan pendekatan active knowledge sharing. Hasil analisis lembar pengamatan menunjukkan adanya peningkatan dari siklus satu ke siklus selanjutnya. Selain itu juga dilengkapi dengan hasil analisis hasil belajar yang menunjukkan peningkatan. Demikian juga hasil belajar peserta didik yang diukur melalui tes ulangan juga mengalami peningkatan, sebagaimana peningkatan yang terjadi pada siklus 1 sampai siklus 2 dapat dilihat rata-rata pada masing-masing siklus, yaitu 6,6 meningkat menjadi 7,4, meningkat menjadi 8,1 dan peningkatan tersebut di atas Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 7,0. Peningkatan lima aspek keaktifan belajar berdasarkan hasil analisis yaitu: 60 % meningkat menjadi 80 %, meningkat menjadi 96 % dan mayoritas siswa memenuhi lima 5 aspek keaktifan belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fiqih; Metode Pembelajaran; Active Knowledge Sharing; Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jul 2014 05:50
Last Modified: 07 Jul 2014 05:50
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2416

Actions (login required)

View Item View Item