Upaya meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran SKI pokok bahasan mengenal peristiwa Hijrah Nabi Muhammad saw ke Yatsrib dengan metode index card match kelas V Madrasah Ibtidaiyah Manahijul Huda Penggung desa Ngagel kec. Dukuhseti kab. Pati tahun 2010 / 2011

Abdurrohim, Abdurrohim (2011) Upaya meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran SKI pokok bahasan mengenal peristiwa Hijrah Nabi Muhammad saw ke Yatsrib dengan metode index card match kelas V Madrasah Ibtidaiyah Manahijul Huda Penggung desa Ngagel kec. Dukuhseti kab. Pati tahun 2010 / 2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111299-COVER.pdf - Accepted Version

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111299-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111299-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111299-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111299-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111299-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111299-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (8kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pelaksanaan penelitian tindakan di kelas V MI Manahijul Huda Penggung Desa Ngagel Kec. Dukuhseti Kab. Pati dalam pembelajaran SKI dengan menggunakan metode Index Card Match, yang dilatarbelakangi dengan keadaan pembelajaran SKI di MI Manahijul Huda Penggung dalam proses belajar mengajar selama ini masih bersifat monoton dan kurang menarik. Guru menerangkan materi pelajaran dengan metode konvensional, ditambah dengan keadaan siswa yang senang bermalas-malasan, hal ini sangatlah tidak kondusif sehingga setiap proses belajar mengajar, siswa kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran. Dan permasalahan yang ditemukan di kelas V MI Manahijul Huda Penggung adalah minat belajar siswa rendah dalam mata pelajaran SKI. Dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran Index card Match yang dilakukan pada siklus I sampai siklus II. Sebelum melaksanakan siklus I, peneliti melaksanakan pra siklus. Dalam pra siklus ini peneliti mencari data awal tentang minat belajar siswa selama pembelajaran SKI berlangsung, menentukan indikator pencapaian dan mempersiapkan segala sesuatu sebagai alat pelaksanaan penelitian. Setelah mendapatkan data dan indikator pencapaian serta alat penelitian, kemudian dijadikan bahan untuk melaksanakan penelitian yang dilaksanakan pada siklus I. Dalam siklus I ternyata belum membuahkan hasil, maka dilaksanakan siklus II. Dan akhirnya mendapatkan hasil yang sesuai dengan indikator pencapaian. Setelah melaksanakan penelitian, peneliti menemukan hasil bahwa dari pra siklus sampai siklus II, minat belajar siswa meningkat secara signifikan. Hal ini mengakibatkan prestasi belajar siswa juga meningkat dan tingkah laku siswa yang negatif semakin berkurang dan yang positif menjadi bertambah. Data tersebut dapat diketahui setelah melakukan perhitungan prosentase data tentang minat, prestasi belajar, tingkah laku belajar. Dan prosentase minat pada pra siklus adalah 33,75 %, pada siklus I adalah 58,75 % dan pada siklus II adalah 91,25 %. Sedangkan prosentase hasil belajar pada pra siklus adalah 25%, pada siklus I adalah 50 %, dan pada siklus II adalah 90 %. Kemudian perubahan tingkah laku dapat diketahui dari prosentase pada pra siklus yaitu prosentase tingkah laku negatif 32,5 %, pada siklus I menurun menjadi 22,5 %, dan pada siklus II menurun lagi menjadi 7,5 %, untuk prosentase tingkah laku positif pada pra siklus adalah 19 %, pada siklus I adalah 36 %, dan pada siklus II adalah 61%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar; Hijrah Nabi Muhammad; Metode Pembelajaran; Index Card Match
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.63 Muhammad the Prophet
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jul 2014 02:03
Last Modified: 07 Jul 2014 02:03
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2428

Actions (login required)

View Item View Item