Upaya meningkatkan prestasi belajar aqidah akhlak materi akhlak terpuji melalui model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation pada peserta didik kelas V MI Al-Huda Pasuruhan Mertoyudan Magelang tahun ajaran 2010/2011

Rochmiyati, Rochmiyati (2011) Upaya meningkatkan prestasi belajar aqidah akhlak materi akhlak terpuji melalui model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation pada peserta didik kelas V MI Al-Huda Pasuruhan Mertoyudan Magelang tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111303-COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111303-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111303-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111303-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111303-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111303-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111303-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Aqidah Akhlak yang dilaksanakan di MI Al-Huda Pasuruhan Mertoyudan Magelang kurang menarik, membosankan, dan para siswa cenderung meremehkan sehingga prestasi belajar peserta didik dalam mengikuti pelajaran Aqidah Akhlak berkurang. Kelemahan dalam pembelajaran Aqidah Akhlak ini disebabkan oleh guru kurang mampu dalam memilih model pembelajaran yang tepat. Peneliti memilih untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation. Karena dengan model pembelajaran ini akan memperoleh partisipasi peserta didik secara keseluruhan atau individual. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan model cooperative learning tipe group investigation pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi akhlak terpuji pada peserta didik kelas V di MI Al-Huda Pasuruhan Mertoyudan Magelang. (2) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan prestasi belajar dalam pembelajaran Aqidah Akhlak materi akhlak terpuji pada peserta didik Kelas V MI Al-Huda Pasuruhan melalui penerapan pembelajaran model cooperative learning tipe group investigation. Objek penelitian ini dilaksanakan di MI Al-Huda Pasuruhan Mertoyudan Magelang pada peserta didik kelas V karena dalam pembelajaran Aqidah Akhlak ada permasalahan dalam hal prestasi peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2010. Hasil analisis mengungkapkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe group investigasion dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi peserta didik Kelas V MI Al-Huda Pasuruhan Mertoyudan Magelang dalam mengikuti pembelajaran Aqidah Akhlak pada siklus ke I belum ada peningkatan, pada siklus ke II sudah ada peningkatan tetapi belum semuanya, pada siklus ke III prestasi peserta didik dalam belajar Aqidah Akhlak ada peningkatan. Sedangkan hasil penguasaan materi pada siklus ke I nilai rata-rata kelas 61,29, pada siklus ke II nilai rata-rata 70,5, dan pada siklus ke III nilai rata-rata kelas mencapai 82,03. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran coopetive learning tipe group investigation pada peserta didik MI Al-Huda Pasuruhan Mertoyudan Magelang kelas V mengalami peningkatan prestasi belajar. Hal ini dapat dilihat dari keaktivan dan penguasaan materi yang semakin meningkat dari siklus I sampai siklus ke III. Setelah dilakukan analisis ini maka hipotesis penelitian ini diterima yaitu ada perbedaan prestasi peserta didik dalam pembelajaran Aqidah Akhlak sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation dengan sudah menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation. Hal tersebut membuktikan bahwa ada peningkatan prestasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran Aqidah Akhlak sesudah menggunakan tipe group investigation.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akhlak Terpuji; Model Pembelajaran; Cooperative Learning
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Jul 2014 08:18
Last Modified: 03 Jul 2014 08:18
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2432

Actions (login required)

View Item View Item